Workshop SMKN 3 Bitung Bahas Kelembagaan BKK dan Pekerja Migran Indonesia

Narasumber foto bersama jajaran SMKN 3 Bitung saat kegiatan Workshop Peningkatan Kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan, Jumat (25/8/2023), di Hotel Sutan Raja Maumbi. (Foto: Dokumentasi SMKN 3 Bitung)

Minahasa Utara, DetikManado.com – SMKN 3 Bitung menggelar Workshop Peningkatan Kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan, Jumat (25/8/2023), bertempat di Hotel Sutan Raja Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulut.

Workshop SMKN 3 Bitung sebagai SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023 ini juga diisi dengan materi terkait Penguatan Kelembagaan BKK dan Pekerja Migran Indonesia. Materi ini disampaikan oleh Siska Pangalila SE MAP dari Dinas Tenaga kerja Kota Bitung.

Bacaan Lainnya

“BKK adalah kelembagaan untuk Bursa Kerja Khusus yang ada di SMK. BKK merupakan salah satu wadah untuk alumni atau lulusan dapat mencari lowongan pekerjaan,” papar Siska Pangalila dalam materinya.

Dia mengatakan, jika SMK telah memiliki Tanda Daftar, maka dapat melaksanakan Job Fair bekerjasama dengan perusahaan atau Dunia Usaha Dunia Industri. Para alumni dan lulusan SMK juga dapat menjadi pekerja di luar negeri atau pekerja migran.

Pekerja migran dapat mengurus keberangkatan secara perseorangan, atau dapat juga lewat perusahaan yang telah memiliki ijin resmi dari pemerintah lewat Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia sebagai agen pemberangkatan tenaga kerja ke luar negeri,” papar dia.

Agar calon pekerja migran memperoleh jaminan perlindungan dan hak, disarankan serta diharapkan jika ada alumni SMK yang akan bekerja ke luar negeri, harus mengikuti prosedur.

“Ini dimaksudkan agar calon pekerja migran tersebut memperoleh perlindungan baik sebelum pemberangkatan, selama di sana maupun sekembalinya ke tanah air,” ujarnya.

Kepala SMKN 3 Bitung Yessie Pinontoan mengungkapkan, kegiatan workshop itu untuk peningkatan kapabilitas guru dan tenaga kependidikan.

“Kita satu keluarga di satu kapal yang melakukan pelayaran dengan tugas masing- masing, dan harus ada kekompakkan agar sampai di tujuan,” kata Pinontoan.

Pemaparan materi oleh Siska Pangalila SE MAP dari Dinas Tenaga kerja Kota Bitung terkait Penguatan Kelembagaan BKK dan Pekerja Migran Indonesia, saat Workshop Peningkatan Kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan, Jumat (25/8/2023), di Hotel Sutan Raja Maumbi. (Foto: Dokumentasi SMKN 3 Bitung)
Komentar Facebook

Pos terkait