100 Hari Menuju Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 2023

Skuad sementara Timnas U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. (Foto: Dokumentasi PSSI)

Jakarta, DetikManado.com – Sebanyak 14 dari 24 negara sudah dipastikan lolos pada turnamen Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 2023 yang rencananya akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang.

Negara-negara yang belum dipastikan tampil di Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia harus menunggu hasil kualifikasi konfederasi CONMEBOL, CAF dan AFC yang masih bertanding.

Terkait event internasional itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan semangat serta dorongan moril kepada Tim U-20 Indonesia pada pemusatan latihan (TC) di Lapangan C komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2).

Garuda Nusantara sedang mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang Piala AFC U-20 yang akan berlangsung pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Ini jadi ajang pemanasan sebelum tampil di Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 2023.

Iwan Bule sapaan akrapnya menuturkan jika berbagai menu latihan dengan intensitas tinggi dalam rangka meningkatan endurance dan kualitas teknik para pemain telah diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong. Apalagi tim ini juga diproyeksikan berlaga di Piala Dunia U-20 bulan Mei nanti.

“Hasilnya, saya melihat perkembangan mereka yang luar biasa, para pemain makin kompak baik dari segi teknik maupun non teknis. Sederhananya, pemain sudah bekerja keras dan saya optimis kita bisa berbicara banyak di ajang ini,” tutur Iwan Bule seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Sebelumnya pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 30 pemain dalam pemusatan latihan kali ini, namun kehadiran para pemain belum lengkap dari jumlah yang dipanggil.

“Memang, masih ada pemain yang belum bergabung dalam latihan, tapi saya harapkan mereka bisa untuk segera bergabung, karena kehadirannya diperlukan oleh tim kepelatihan dan masyarakat pecinta sepakbola Indonesia juga berharap agar Timnas Indonesia bisa ke Uzbekistan dengan kekuatan terbaik,” ucapnya.

Para pemain yang belum bergabung antara lain Marselino Ferdinan yang kini membela klub Liga 2 Belgia, serta Ronaldo Kwateh yang masih menjalani trial di Turki.

Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI yang berkontribusi menaikkan peringkat Indonesia pada ranking FIFA dari 179 ke 151 itu pun berpesan jika para pemain untuk terus berlatih dengan serius dan semangat, meski kedepannya dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI lagi.

“Timnas terus berlatih dengan serius dan semangat serta jangan pernah lelah, terlebih harapan besar berada di pundaknya terhadap prestasi sepakbola Indonesia di dunia internasional,” pesannya.

Komentar Facebook