Aktivitas Gunung Karangetang Naik Level III, Ini Imbauan Badan Geologi

Kondisi aktivitas Gunung Karangetang, Kabupaten Sitaro, Sulut naik dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga), per Rabu (8/2/2023) pukul 16.00 WIB. (Foto: Istimewa for DetikManado.com)

Jakarta, DetikManado.com – Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan aktivitas Gunung Karangetang, Kabupaten Sitaro, Sulut naik dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga), per Rabu (8/2/2023) pukul 16.00 WIB.

“Hasil evaluasi aktivitas vulkanik secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas G. Karangetang dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga), terhitung mulai tanggal 8 Februari 2023 pukul 16:00 WIB,” katanya dalam keterangan tertulis.

Bacaan Lainnya

Wafid mengatakan dalam tingkat aktivitas level III (Siaga) masyarakat, pengunjung, wisatawan atau pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 km dari kawah utama serta 3.5 km pada sektor selatan dan tenggara.

“Pemantauan secara intensif tetap dilakukan guna mengevaluasi kegiatan G. Karangetang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi,” kata Wafid.

Komentar Facebook

Pos terkait