AQUA Airmadidi Mendukung Gerakan Nasional Menanam Mangrove

  • Whatsapp
Penanaman mangrove ini dilakukan bersamaan di 12 Propinsi seluruh Indonesia.

Manado,DetikManado.com – PT Tirta Investama – Pabrik Airmadidi (AQUA Airmadidi) turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman Serentak Mangrove untuk mitigasi Bencana di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sealasa (09/07/2019).

Penanaman mangrove ini dilakukan bersamaan di 12 Propinsi seluruh Indonesia. Untuk Sulawesi Utara disiapkan sebanyak 5000 bibit yang dilakukan oleh Pemerintah, komunitas lingkungan, Pramuka, TNI dan Relawan Lingkungan. Gerakan ini dipimpin langsung Menteri KLHK Dr Siti Nurbaya didampingi Uga Wiranto sebagai ketua bidang 5 dari OASE sebagai penyelenggara.

Muat Lebih

Kepala Pabrik AQUA Airmadidi, Obrin Sualang dalam keterangannya menyatakan bahwa sejak 2012 AQUA telah mendampingi masyarakat di Bahowo untuk melestarikan hamparan mangrovenya seluas. “Kami tidak akan bisa bergerak sendiri, oleh karena itu kami mengajak Manengkel Solidaritas menjadi mitra kerja, juga Aliansi Jurnalis Independen atau AJI Manado yang juga aktif mengabarkan progress kebaikan di Bahowo,” kata Obrin.

Secara terpisah Direktur Pembangunan berkelanjutan Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyampaikan bahwa dari sisi konservasi, Danone AQUA hingga 2019 ini telah menanam lebih dari 3 juta pohon dengan system MRV (Monitoring – Reporting – Validation).

Ada 1351 unit sumur resapan, 57.749 lubang biopori, 25 embung, 13.870 buah rorak dan menyemai 325.150 pohondi persemaian sekolah bekerjasama dengan sekolah. “Capaian tersebut adalah wujud komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan,” jelas Karyanto.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya menggarisbawahi bahwa di Indonesia masih banyak hamparan mangrove yang rusak dan mangrove yang ada di Sulawesi Utara adalah salah satu yang memiliki kondisi terbaik. “Kedepan kami akan menjadikan mangrove di Sulawesi Utara menjadi pusat dan fokus pengembangan Mangrove nasional,” tegas Siti Nurbaya.(joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *