Bawaslu RI Kabulkan Gugatan Jerry Sambuaga

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Gugatan Caleg DPR RI Partai Golkar, Jerry Sambuaga di Bawaslu RI, dikabulkan. Sesuai putusan di Ruang sidang Bawaslu di Jakarta Kamis (13/06/2019), Fritz Edwar Siregar dari Divisi Hukum Bawaslu RI menyatakan, KPU sulut dan KPU Minsel bertanggaung jawab atas kesalahan di tingkat Kecamatan. Hal itu menurutnya sesuai Pasal 18 Poin (b) UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. “Dari fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan, demi memenuhi prinsip penyelenggaraan pemilu yang berkepastian hukum, perlu melakukan perbaikan administrasi From DA 1 di Desa Maesaan,” katanya

Putusan ini merupakan atas laporan dugaan administrasi Nomor 01/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor calon legislative (caleg) DPR RI Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) Jerry Sambuaga yang diwakili kuasa hukumnya Oktavianus Sabata.

Muat Lebih

Terkait hal itu Sambuaga menanggapi bahwa persoal gugatan ke Bawaslu RI prinsipnya hanya memperjuangkan kebenaran dalam arti prosedur tata cara dan perhitungan. “Kalau bagi saya apapun hasilnya, apakah perhitungan ulang atau perbaikan, yang terpenting ketika ada pelanggaran harus di perbaiki,” ujarnya.

Dia mengatakn, walaupun cuman satu kecamatan, atau kelurahan atau bahkan satu TPS yang terjadi kecurangan atau kesalahan, tetap harus diusut dan dikoreksi. “Karena ini menyangkut soal kebenaran dan tata cara prosedur yang baik,” tandas Putra Theo L Sambuaga ini.(ryan)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *