Bawaslu Sulut Menggelar Rakor, Akademisi Unsrat Minta Awasi Distribusi Logistik Pemilu

Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Dr Jericho Pombengi saat menyampaikan materi.

Manado, DetikManado.com – Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Dr Jericho Pombengi mengatakan, distribusi logistik menjadi salah satu kunci sukses penyelenggaraan Pemilu. Dia menekankan pentingnya menyamakan persepsi antar-lini pada jumlah atau kuantitas logistik.

“Penting bagi penyelenggara untuk menyamakan persepsi menyangkut kuantitas logistik ini, sebab pada titik ini ada potensi pelanggaran dan harus kita awasi bersama,” kata Jericho saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Partisipatif Bersama Media dan Masyarakat pada Tahapan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Provinsi Sulut, di Swissbel Hotel Maleosan, Senin (18/12/2023) siang.

Bacaan Lainnya

Karena bicara jumlah, menurut dia harus linear dengan kebutuhan. Maka data-data pemilih juga menjadi faktor penting dalam penghitungan kuantitas logistik, sehingga butuh kesepahaman antara sesama penyelenggara Pemilu.

Selain kuantitas, Jericho menekankan keterlambatan waktu pengadaan hingga tujuan pendistribusian logistik yang tidak tepat berpotensi menimbulkan kerawanan. Kedua persoalan itu terhubung dengan teknis, geografis dan kondisi cuaca saat penyaluran ke kabupaten/kota.

Komentar Facebook

Pos terkait