Begini Cara Astra Dukung Perhelatan B20 Summit di Bali

Bali,DetikManado.com – Mendorong pemerataan akses dan kualitas pendidikan di semua tingkatan, Astra mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Business 20 Indonesia atau B20 Summit Indonesia 2022 yang mengangkat tema ‘Advancing Innovative, Inclusive and Collaborative Growth’ pada 13-14 November 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui penguatan pelaksanaan link and match yang diinisiasi B20 Future of Work and Education Task Force (FoWE TF) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dengan Astra bersama sejumlah anak usahanya antara lain yaitu PT United Tractors Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk,dan PT Astra Daihatsu Motor

Chair of FoWE TF sekaligus Direktur Astra Hamdhani Dzulkarnaen Salim mengatakan hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dengan memberikan pelatihan, pemagangan,

“Dan masukan kurikulum yang sesuai dengan lapangan kerja masa depan, terutama mengenai otomasi, digitalisasi, internet of things (IoT), dan cloud,” ujarnya.

Pandemi memberikan kesempatan untuk kembali menilai dan membangun sistem pendidikan yang relevan dengan peluang kerja di masa depan.

“Dalam hal meningkatkan dan memperbaharui keterampilan dalam skala besar, kita tidak dapat mengabaikan pentingnya peranan pendidikan vokasi dan sistem pelatihan,”jelasnya.

Terdapat tiga rekomendasi kebijakan dari FoWE TF yang dipaparkan oleh Hamdhani Dzulkarnaen Salim guna mempercepat pemulihan ekonomi dunia pascapandemi, yaitu penciptaan pekerjaan berkelanjutan yang lebih dinamis dan fleksibel pada masa mendatang

“Pembaharuan sistem pendidikan yang selaras dengan kebutuhan pekerjaan masa depan, dan memastikan inklusivitas serta keterlibatan peran generasi muda, perempuan, dan kelompok rentan,” kata Hamdani.

Nantinya, rekomendasi kebijakan ini akan dibawa dalam G20 Summit dan diharapkan
dapat diimplementasikan oleh negara-negara G20 untuk menjawab tantangan masa depan.

“Sebagai bentuk dukungan Astra dalam mendorong transisi ke ekonomi hijau
melalui B20, Presiden Komisaris Astra Prijono Sugiarto mendapat kesempatan untuk menyambut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang menyampaikan pidato utama pada sesi bertema Peran Ekonomi Digital dan Industri 4.0 dalam Mempercepat Transisi Energi yang Berkeadilan,” ungkapnya.

Selama penyelenggaraan B20 Summit pihaknya juga menampilkan booth dengan tema Astra for Today and the Future of Indonesia.

“Yang menampilkan informasi terkait inisiatif lsustainability yang dilakukan oleh Grup Astra dalam bidang Renewable Energy dan Electric Vehicle (EV) Ecosystem antara lain solar panel energy dari PT Energia Prima Nusantara,jaringan pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Astra Otopower dari PT Astra Otoparts Tbk, dan PT Astra Honda Motor (AHM),” bebernya.

Selain itu, untuk mendukung mobilitas partisipan G20 Summit yang ramah lingkungan, TAM menyediakan 143 unit kendaraan elektrifikasi berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) yang terdiri dari 41 unit Toyota BZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e sebagai kendaraan resmi delegasi G20 pada kegiatan G20 Summit.

Sementara itu AHM menyediakan 20 unit motor Honda PCX Electric sebagai kendaraan operasional petugas beserta 5 unit stasiun penukaran baterai untuk mendukung pengisian daya motor selama G20 Summit berlangsung.

“Semangat Astra dalam menyukseskan penyelenggaraan B20 Summit dan G20 Summit sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Presiden Korea Selatan Yoon Suk￾yeol, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto,Menteri Parekraf Sandiaga Uno,dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda yang hadir secara virtual.(Mikhael Labaro)

Komentar Facebook