Cerita Andre Iroth, Brimob Manado yang Viral Dengan Isu ‘Aparat Impor’ dari China

  • Whatsapp
Briptu Andre Krisandro Iroth (kanan) dan 3 Brimob sipit (kiri). (foto : Istimewa)

Manado, DetikManado.com – Isu aparat impor dari China mendadak jadi viral setelah di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), 21-22 Mei 2019 lalu, dimana salah seorang peserta aksi mengunggah foto anggota Brimob bermata sipit di media sosial.

Dalam unggahan tersebut terdapat tiga orang anggota Brimob Polri menggunakan pakaian hitam, lengkap dengan helm dan sebo serta memegang senjata.

Bacaan Lainnya

Foto ini pun mulai dikait-kaitkan dengan anggota Brimob bermata sipit, salah satunya Briptu Andre Krisandro Iroth, yang kebetulan pada saat bersamaan melaksanakan tugas pengamanan di kantor Bawaslu RI.

Andre Iroth. (foto : Instagram)

Andre sapaan akrab Andre Krisandro Iroth mengaku kaget dirinya viral di media sosial dan menjadi topik berita beberapa media nasional di tanah air.

“Saya hanya sebagian dari Brimob ber mata sipit, masih banyak teman Brimob lain juga sipit seperti saya, kami semua asli Indonesia bukan aparat impor,” tuturnya.

Kepada reporter DetikManado.com, Andre berbagi cerita pengalaman melaksanakan tugas pengamanan menjelang dan pasca penetapan hasil pemilu 2019 oleh KPU RI di Jakarta.

“Sebagai prajurit Brimob tentunya kami sudah sering melaksanakan tugas BKO di daerah rawan seperti Maluku dan Papua, namun tugas BKO di Polda Metro Jaya memiliki kesan tersendiri,” jelasnya, Sabtu (25/05/2019).

Lanjut Andre, selama di DKI, Dia dan personil Brimob Polda Sulut lainnya, menginap di wisma atlet kemayoran, disini mereka bisa bertemu dengan anggota Brimob dari daerah lain di Indonesia.

“Selain melaksanakan tugas, kami dapat bertemu dengan teman seangkatan waktu pendidikan di Pusdik Brimob, jadi bisa bernostalgia dan reuni kecil-kecilan dengan leting,” tuturnya.

Brimob sipit ini mangaku sangat menikmati setiap mendapatkan kepercayaan oleh pimpinan untuk melaksanakan tugas di suatu daerah, tanpa harus membedakan situasi antara darah yang satu dengan lainnya.

“Kami sudah dilatih siap melaksanakan tugas dimana saja dan kapan saja. Siang dan malam serta panas dan hujan tidak akan jadi halangan buat kami menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya dengan penuh semangat.

Andre Iroth dan Jesika Togas. (foto : Instagram)

Ketika ditanya soal calon pendamping hidup, Andre mengaku sudah menjalin hubungan serius dengan seorang karyawan Bank BRI di Manado bernama Jesika Togas.

“Saya sudah serius dengan pacar saya saat ini, lihat saja di akun FB saya, ada foto kami berdua disana,” ucapnya.

Lalu siapa sosok Andre Iroth, sosok anggota Brimob Polda Sulut yang lagi viral dengan isu aparat impor dari china?

Andre adalah anak kedua dari tiga bersaudara, Ia berasal dari Desa Wuwuk, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Setelah lulus dari SMA Negeri 2 Tareran Minahasa Selatan, tahun 2012, kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Manado, namun belum sempat lulus.

Kemudian pada 2013, Andre mendaftar menjadi anggota Polri, dan menempu pendidikan pembentukan di Pusat Pendidikan Korps Brimob Polri, Watu Kosek Pasuruan Jawa Timur pada tahun yang sama.

Usai dilantik sebagai Brigadir Dua, alumni Watukosek angkatan 23 ini ditempatkan di Polda Sulut, tepatya pada Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulut.

Selain melaksanakan tugas sebagai mena anggota Brimob lainnya, Andre juga sempat dipercayakan menjadi sopir sekaligus ajudan Dansat Brimob Kombes Pol Iskandar SIK.

Peliput : Mikhael

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *