Cerita Tenaga Medis Dinkes Sulut Bekerja Saat Wabah Covid-19

  • Whatsapp
Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Dinkes Provinsi Sulut Dr Merry Patorong.

Manado, DetikManado – Salah satu pihak yang bekerja keras dalam mencegah dan menangani Virus Corona Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) adalah Tim Surveilans yang dibentuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Dinkes Provinsi Sulut Dr Merry Patorong mengungkapkan suka duka selama bekerja di lapangan menghadapi berbagai tantangan.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pekerjaan mereka memang sering tidak terekspos di media massa. Kami melakukannya dengan berbagai tantangan,” ujarnya, Jumat (03/04/2020).

Menurutnya, sejumlah suka duka yang dialami timnya selama melakukan survei di tengah mewabahnya Covid-19. Apalagi pekerjaan yang dilakukan berbeda dengan menangani bencana alam, atau penyakit menular lainnya.

“Kami juga memberikan dukungan kepada pasien. Bahkan saling mendukung dan menguatkan sesama tim surveilans,” ungkap Patorong.

Dalam menjalankan tugas mereka, lanjut dia, pihaknya bekerja secara diam, tetap menjaga jarak sosial dan fisik, namun pekerjaan harus tuntas. 

Selain itu, hal lain yang dihadapi adalah bagaimana mereka menjaga privasi pasien untuk tidak di-publish. Sedangkan di sisi lain, pihaknya juga berharap pasien bisa secara jujur mengungkapkan riwayat perjalanannya.

“Kami melakukan edukasi, kejujuran pasien menjadi kunci,” pungkasnya. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *