Cerita Veronika Linardi Wanita Sukses CEO Platform Online

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Platform pekerjaan online Qerja.com dan Jobs.id mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga para pencari kerja. Jobs.id merupakan platform informasi lowongan pekerjaan di Indonesia. Di aplikasi ini, para pencari kerja dapat dengan mudah mencari pekerjaan sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Sementara itu, Qerja.com menjadi salah satu platform yang cukup diminati pencari kerja karena di sana mereka bisa menemukan berbagai ulasan tentang perusahaan yang hendak mereka lamar. Misalnya, review tentang gaji dan suasana kerja langsung dari karyawan yang sedang atau pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Sosok dibalik pendiri perusahaan platform tersebut adalah seorang perempuan bernama Veronika Linardi. Ia merupakan lulusan S2 bidang strategi pemasaran digital dan manajemen sistem informasi dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

Dilansir dari dari sepositif.com keterlibatan Veronika di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai ketika ia membantu temannya mencari kandidat yang tepat untuk sebuah perusahaan. Ternyata, kandidat yang dipilih Veronika menampilkan performa kerja bagus. Melihat ada kemampuan di bidang SDM, dirinya memutuskan untuk menekuni bidang ini.

“SDM merupakan bisnis menarik karena berhubungan dengan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia yaitu karier. Veronika ingin membantu orang-orang menemukan pekerjaan sesuai passion mereka,” ujarnya, Sabtu (17/07/2021)

Lanjut dia, seseorang tidak akan bahagia kalau mengejar karier tanpa diiringi passion.
Selain itu, Veronika juga merasa bangga ketika bisa membantu pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka. Kebanggaan itu juga dia rasakan ketika berhasil membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat.

“Saya memberanikan diri untuk membuka usaha di bidang ini dan mendirikan lowonganpns.info pada tahun 2008 yang menjadi cikal bakal Jobs.id. Awalnya, situs ini khusus memuat informasi tentang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),” beber Veronika.

Lambat laun, cakupan informasi lowongan yang disediakan oleh situs tersebut menjadi lebih luas. Namanya pun diubah menjadi jobsid.info dan jobsid.co, sebelum berbuah menjadi jobs.id biar lebih mudah diingat.
Tiga tahun setelah mendirikan Jobs.id, Veronika membuka bisnis baru bernama Linardi Associates Executive Recruitment Agency.

“Bisnisnya kali ini tak hanya fokus di dunia maya. Sebagai agensi rekrutmen, Linardi Associates membantu perusahaan nasional dan multinasional untuk mencari kandidat yang tepat,” tuturnya.

Dari menangani klien-klien perusahaan tersebut Veronika melihat adanya masalah transparansi. Menurutnya, perusahaan besar di Indonesia kerap tidak transparan kepada para karyawan atau calon karyawan. Kesenjangan informasi ini mengakibatkan pencari kerja sulit mengambil keputusan terbaik untuk kariernya.

“Para pencari kerja sering kali terpaksa untuk melamar di perusahaan yang tidak terlalu mereka kenal. Akibatnya, mereka merasa tidak puas dan bahagia saat sudah masuk kerja di sana,” ungkapnya.

Setelah melihat langsung permasalahan tersebut, Veronika pun tergerak ingin berbuat sesuatu untuk mengatasinya. Pada 2014, ia mendirikan Qerja.com sebagai upaya untuk mengatasi masalah transparansi tersebut. Veronika membangun Qerja.com bersama partner-nya, Stephen Kohar.

“Saya bertekad untuk membangun platform karier yang sangat lengkap, di mana pengguna dapat membantu dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan yang orang-orang miliki tentang karier dan pengembangan diri,” ucapnya.

Di bulan pertama Qerja.com berjalan, pengunjungnya mencapai 50 ribu orang seperti para karyawan atau mantan karyawan yang ingin berbagi ulasan tentang perusahaan tempat mereka bekerja.

“Situsnya memiliki banyak pengikut yang mendukung dengan ratusan ribu konten yang dibuat pengguna. Basis pengguna yang kuat menjadikan Qerja.com dapat berkembang dengan pesat, bahkan kini platform ini menjadi salah satu portal karier terkuat di Indonesia. Berawal dari 50 ribu pengunjung dalam satu bulan, kini lebih dari 1,5 juta orang per bulan,” ucapnya.

Perkembangan pesat juga terjadi di Jobs.id. Setiap bulannya, traffic Jobs.id lebih dari 2,8 juta pengunjung. Kesuksesan tersebut memancing perhatian para investor. Kedua platform yang tergabung dalam induk perusahaan Qareer Group Asia ini telah mendapat pendanaan dari berbagai pemodal ventura dunia. Contohnya, Kejora Ventures, Emtek, Softbank, dan 500 Startups. Jumlah pendanaannya sebesar Rp 147,17 miliar.

Walaupun kedua perusahaannya sudah sukses, langkah Veronika belum berhenti di situ saja. Saat ini, ia juga memimpin empat perusahaan lainnya, yaitu Qareer, Qareer HR Admin, dan Qareer Carnival. Linardi Associates juga terus masih aktif berkembang.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi perempuan lainnya yang ingin bergelut di dunia start-up sehingga jeli melihat peluang dan kebutuhan masyarakat, serta berani mencoba,” tandasnya.(ml)


Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email