Dinas Pendidikan Ingatkan Sekolah Tidak Buat PPDB “Jalur Belakang”

Proses pendaftaran siswa baru di SMKN 6 Manado berjalan dengan lancar sesuai ketentuan. (Foto: Dokumentasi Jurnalis Pendidikan Sulut)

Pekanbaru, DetikManado.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengingatkan sekolah agar tidak membuat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama Negeri lanjutan atau melalui “jalur belakang”, karena rangkaian PPDB sudah berakhir dan diumumkan.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu (9/7/2023), menegaskan tidak ada lagi PPDB lanjutan.

Bacaan Lainnya

“Kita pastikan tidak ada calon peserta didik yang masuk dari jalur belakang,” katanya sebagaimana dikutip dari Antara.

PPDB SMP Negeri di Pekanbaru dilakukan melalui beberapa jalur salah satunya jalur zonasi dengan yang mendaftar sebanyak 8.183 orang, sedangkan kuotanya 6.259 orang. Kemudian untuk jalur afirmasi yang mendaftar hanya 816 orang, padahal kuotanya untuk 1.342 orang.

Selanjutnya untuk jalur perpindahan orang tua yang mendaftar 183 sementara kuotanya 479. Pada jalur prestasi akademik kuotanya 928 tapi yang mendaftar hanya 488 orang. Jalur prestasi non akademik kuota 609 orang namun yang daftar hanya 211.

Akibat banyaknya yang mendaftar pada jalur zonasi dan sedikitnya pada jalur lain maka Disdik Pekanbaru melakukan pergeseran. Ini berdampak pada kuota jalur zonasi dari 6.259 menjadi 7.799. Sedangkan kuota tiga jalur lainnya tidak ada perubahan.

Komentar Facebook

Pos terkait