Gelar Rapid Test di Lanud Manado, Tumanduk: Covid-19 Bukan Aib

  • Whatsapp
Rapid test di Mako Tentara Langit Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Manado, Sulut, Senin (07/09/2020).

Tondano, DetikManado.com – Kolonel Pnb Abram Tumanduk mengatakan agar jajarannya disiplin untuk mengikuti rapid test Covid-19 dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Hal itu disampaikannya saat pihaknya menggelar pengecekan kesehatan rapid test di Mako Tentara Langit Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Manado, Sulut, Senin (07/09/2020).

Bacaan Lainnya

“Virus ini bukanlah aib, tetapi melalui pemeriksaan rapid test ini adalah bukti cinta kita kepada keluarga, orang-orang yang terdekat dengan kita dan yang paling kita sayangi. Sebab kita melindungi keluarga, melindungi orang lain,” ungkap Tumanduk.

Ia pun mengharapkan, kegiatan rapid test ini dapat menghambat dan membatasi penyebaran Covid-19, meningkatkan empati dan tanggung jawab.

“Serta kepedulian bersama akan pentingnya memeriksakan diri untuk menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan,” tuturnya.

Kepala RS TNI AU Lanud Sam Ratulangi Kapten Kes dr Ahmad Fauzi menjelaskan, sesuai perintah Kasubdis Yankes Diskesau Kolonel Kes dr Harowi, bahwa pihaknya telah menerima bantuan alat rapid test dari Kementerian Pertahanan. Alat itu digunakan untuk mengecek kesehatan rapid test bagi personel dan keluarga.

“Setelah mendapatkan arahan dan petunjuk dari komandan, kami laksanakan rapid test ini bagi seluruh anggota dan seluruh Keluarga Besar Lanud Sam Ratulangi,” jelas dokter yang telah berdinas sejak Mei 2017 di Manado.

Untuk diketahui, Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi berlokasi di pertigaan jalan protokol ke arah Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulut, ini telah berdiri sejak tahun 1968 masih berbentuk Seksi Kesehatan. Pada tahun 2004, Rumah Sakit ini naik menjadi tingkat 4 TNI AU dengan melayani kesehatan masyarakat Minahasa Utara dan yang ada di sekitar Bandara Internasional Sam Ratulangi.

Beragam pelayanan kesehatan telah dilakukan, seperti operasi-operasi ringan akibat kecelakaan lalu lintas. Bahkan pada tahun 2018 silam, telah menjadi pusat rujukan penanganan kesehatan pada kegiatan Hari Paskah tahun 2018, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *