Gus Sholah dalam Kenangan Ketua PWNU Sulut

Foto kenangan Ketua NU Sulut Ulyas Taha dengan Almarhum Gus Sholah.

Manado, DetikManado.com – KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia pada, Minggu 2 Februari 2020 pukul 20.55 WIB. Adik kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. Keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Sulawesi Utara merasa kehilangan seorang ulama besar.

“Beliau adalah sosok ulama yang bersahaja tapi juga tegas, saya pernah membawa rombongan Kepala – Kepala Madrasah Kota Bitung tour ke Jawa Timur dan salah satu tujuan untuk ziarah ke makam Gus Dur,” ungkap Ketua PWNU Sulawesi Utara Hi Ulyas Taha MPd kepada DetikManado.com, Selasa (04/02/2020).

Bacaan Lainnya

Ulyas mengatakan, kebetulan makam itu ada di dalam kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Gus Sholah menerima rombongan di kediamannya dalam kompleks pondok tersebut.

Lebih lanjut menurut Ulyas, meskipun dalam keadaan kurang sehat almarhum minta mereka untuk menunggu. Tepatnya setelah shalat Isya, almarhum setelah balik dari rumah sakit, menerima rombongan di ruang tamu yang biasa digunakan Gus Dur untuk menerima tamu – tamu besar. “Kurang lebih satu jam almarhum menyampaikan banyak hal kepada kami tentang perkembangan bangsa dan negara termasuk peran umat Islam dalam mengisi kemerdekaan,” ungkapnya.

Komentar Facebook

Pos terkait