67 dibaca

Hadiri Bimtek, Walangitan: Gunakan Dana BOS Sebaik Mungkin

  • Whatsapp
Bimtek diikuti oleh seluruh Kepala SD Dan SMP se Kota Manado di gedung Aula Pemkot, Senin (09/09/2019).

Manado,DetikManado.com-Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado menggelar pelatihan dan uji coba aplikasi R Kas dan Bimtek Pengelolaan Dana BOS yang diikuti oleh seluruh Kepala SD Dan SMP se Kota Manado di gedung Aula Pemkot, Senin (09/09/2019).

“Kegiatan ini untuk mendukung semua program yang kita laksanakan agar berjalan dengan lancar,yaitu dengan menggunakan dana BOS,” ujar Dr Daglan Walangitan MSi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado.

Muat Lebih

Lanjutnya, sebab itu perlu sekali para kepala sekolah disegarkan lagi, untuk bagaimana caranya mengelola dana BOS agar yang sudah baik dibuat menjadi lebih baik lagi. “Dana ini diselenggarakan berdasarkan rencana yang dibuat oleh Kepsek dan guru-guru, supaya apa yang kita bahas bisa kita capai, maka gunakanlah sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaannya,” katanya.

Menurutnya, semua itu dilakukan sebagai pemenuhan 8 standard nasional pendidikan yang meliputi antara lain, isi, standar kompetensi lulusan, proses, penilaian, serta sarana dan prasarana. “Gunakanlah BOS sesuai dengan apa yang direncanakan, agar nantinya tidak berurusan dengan hukum,” ujar Walangitan.

Dia juga menambahkan, untuk kedepannya akan ada e-pengadaan secara online agar lebih praktis.”Jadi bapak dan ibu tidak perlu lagi ke toko atau ke perusahaan, semuanya bisa secara online,”ungkapnya.

Walangitan mengatakan,terkait dengan guru-guru honor di sekolah negeri yang sudah bisa menerima insentif dari pemerintah, mohon dokumen-dokumennya diselesaikan sampai dengan bulan Agustus. Dia menambahkan, pihaknya akan memproses honor selama 8 bulan itu sesuai dengan anjuran Wali Kota,dan sudah dikomunikasikan dengan Bagian Hukum. “Penerima dana BOS, yaitu alokasi honor untuk guru-guru dengan jumlah 15 persen itu masih bisa diberikan kepada mereka, di samping sudah mendapatkan honor dari APBD,” pungkasnya.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *