PMII Minahasa Sukses Melaksanakan Mapaba

  • Whatsapp
Materi Sejarah Negara Bangsa (SNB) Mapaba PMII Minahasa Tahun 2019 yang dibawakan Suryadi Marajabessy dan Inka Tongkala.

Tondano, DetikManado.com – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Minahasa sukses melaksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Tahun 2019.

Organisasi PMII merupakan organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada 17 April 1960 atau 59 tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur. Ketua pertamanya yakni Mahbub Djunaidi.

Muat Lebih

Mapaba PMII Minahasa dilaksanakan sejak Jumat-Minggu (06-08/09/2019) di salah satu ruangan kelas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusantara Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) yang diikuti sebanyak 51 anggota baru.

Kepada DetikManado.com, Zulfikri Mamonto Ketua Panitia Mapaba mengatakan tema yang diusung yaitu Satu Angkatan Satu Jiwa Merajut Kembali Kebhinekaan Nusantara. Tema ini ditujukan untuk melihat persoalan yang sedang terjadi di Indonesia, seperti ras, agama dan sebagainya. “Jadi panitia mengambil tema tersebut untuk kembali mempersatukan bangsa kita,” katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (08/09/2019).

Mamonto berharap keberadaan PMII di Indonesia, terutama Kota Tondano Minahasa mengawal isu yang terjadi serta menjaga keberagaman (pluralisme) yang ada. “Bisa menjadi garda terdepan,” lanjut Fikri sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, 51 anggota baru ini belum menjadi kader PMII Minahasa secara resmi. Alasannya para anggota baru masih melewati beberapa pendidikan formal yakni PKD (Pelatihan Kader Dasar) setelah Mapaba. Ada juga PKL (Pelatihan Kader Lanjut) dan PKN (Pelatihan Kader Nasional).

Untuk diketahui, PMII Minahasa di kampus Unima memiliki beberapa rayon terdiri dari Rayon Socrates, Rayon Einsten, Rayon Linguart dan Rayon Techno. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *