Ingin Kerja di Jepang? Ayo Ikuti Kelas Pelatihan Khusus di SMKN 6 Manado

Dari kiri: Salele, Sari, Dondokambey, dan Tumurang usai kegiatan sosialisasi, Kamis (16/3/2023), di SMKN 6 Manado. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Terobosan dilakukan SMKN 6 Manado dengan membuka kelas pelatihan khusus bagi mereka yang ingin bekerja di Jepang. Program ini merupakan kerjasama antara SMKN 6 Manado dengan Jayadi Global Education Center (JGEC).

“Ini merupakan tindakan lanjutan dari kesepakatan kerjasama antara JGEC dan SMKN 6 Manado, yakni membuka kelas pelatihan khusus. Tidak hanya bagi siswa SMKN 6 Manado saja, tapi juga dari luar karena terbuka untuk umum,” ungkap Executive Assistant JGEC Rama Sari Holenty saat diwawancarai, Kamis (16/3/2023) di SMKN 6 Manado.

Sari mengatakan, pihak SMKN 6 Manado sangat mendukung, dan menyatakan segera dilaksanakan kelas pelatihan khusus tersebut. Karena sangat baik dan disambut antusias oleh kalangan siswa serta para lulusan.

“Murid yang belajar di pelatihan khusus ini tak usah khawatir dengan lowongan kerjanya. Nanti ada informasi lowongan kerja langsung dari Jepang, karena perusahaan kami ada di Jepang,” ujarnya.

Dalam kelas pelatihan khusus itu, selama 4,6 bulan, para peserta akan belajar Bahasa Jepang serta ketrampilan sesuai dengan bidang kerjanya. Ada juga panduan wawancara kerja dengan pihak perusahaan di Jepang.

“Ini dengan perwakilan di Manado. jika sudah ada dua sertifikat, maka mereka layak untuk wawancara,” ujarnya.

Sari mengatakan, kelas pelatihan khusus itu terbuka bagi siapapun baik lilusan SMA, SMK, perguruan tinggi, sarjana, semua punya kesempatan yang sama. Tidak memandang level pendidikan mana.

“Ada 14 bidang kerja, yang sangat dibutuhkan di Jepang itu adalah perawatan lansia, pengolahan makanan, pertanian, perhotelan, restoran, dan peternakan. Kalau cocok, silahkan pilih bidang yang diminati,” ujarnya.

Dia mengatakan, salah satu persyaratan kerja di Jepang adalah menguasai Bahasa Jepang. Sehingga wajib mengikuti kelas Bahasa Jepang yang akan dibuka di SMKN 6 Manado.

“Kelas Bahasa Jepang ini selama 4,5 bulan dengan biaya 11,5 juta rupiah. Ini bisa dicicil selama empat kali,” ujarnya.

Ditanya apakah peserta pelatihan khusus itu sudah punya jaminan bisa bekerja di Jepang, dia mengatakan, ketika mereka sudah lulus dan mempunyai sertifikat itu pasti akan mendapat kerja.

“Jaminannya seberapa mereka mau berusaha belajar dan dapat sertifikat itu. Kadang ditanya, ada jaminan berangkat, nah jawabannya dijamin gak kamu belajar sungguh-sungguh untuk dapat sertifikat itu,” ujarnya.

Komentar Facebook