Ketersediaan Komputer di UNBK, Tumipa: Kepsek Harus Mampu Berinovasi

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa.

Manado, DetikManado.com – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut kembali menargetkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen untuk tahun 2020 mendatang. Meski ada keluhan dari sejumlah kepala sekolah karena tidak mampu menyediakan komputer.  

Terkait kondisi ini, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa, Rabu (20/11/2019) mengatakan, seharusnya  kepala sekolah (kepsek) melakukan inovasi agar sekolahnya bisa UNBK. “Kepsek harus mampu membangun komunikasi dengan para kepsek lain baik SMA, SMK dan SMP yang memiliki fasilitas komputer untuk bisa dipinjam,” kata Tumipa.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, kepsek ditantang untuk bisa membangun komunikasi seperti itu dan jangan hanya diam saja. “Kami bertekad tahun depan UNBK 100 persen lagi dan apa saja kekurangan yang terjadi di sekolah harus bisa terpenuhi dengan saling meminjam. Karena ujian untuk SMA dan SMK tidaklah bersamaan, itu dimaksudkan agar bisa saling meminjam komputer,” jelasnya.

Dia menambahkan, Pemprov Sulut memiliki keterbatasan anggaran tidak dapat membantu semua sekolah, sehingga bantuan hanya dapat diberikan secara bertahap. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *