Kisah Irwanto, Seorang Penambang Emas di Minahasa Utara

  • Whatsapp
berkerja sebagai penambang dia berada di bawah tanah dan sibuk menata bebatuan dalam kedalaman 70 meter yang menelan waktu berjam-jam.

Manado, DetikManado.com – Irwanto Sadli Mokoginta (21), warga Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berkerja sebagai penambang emas di daerah Tatelu Wangke, Kabupaten Minahasa Utara. Pekerjaan ini dijalani Irwanto dengan berbagai resiko.  

Kepada DetikManado.com, Irwanto mengungkapkan berkerja sebagai penambang dia berada di bawah tanah¬† dan sibuk menata bebatuan dalam kedalaman 70 meter yang menelan waktu berjam-jam. “Kami hanya menggunakan alat sederhana seperti pukul besi dan sebatang besi linggis yang dipotong segenggaman telapak tangan,” jelas Irwan, Minggu (17/11/2019).

Muat Lebih

Lanjutnya, ia bersama 7 orang temannya berusaha mengurut jalur yang diprediksi sebagai urat emas. Penerangan yang digunakan pun sederhana. “Hanya cukup untuk menerangi area sekitar satu meter dari tempat saya berkerja,” kata Irwan sapaan akrabnya.

Dia juga menceritakan, ia bersama teman-temannya telah menggarap selama berapa minggu belakangan ini. “Namun sayang waktu berminggu-minggu yang ia tempuh tersebut, belum cukup untuk menghasilkan semili gram emas pun,” tuturnya.

Irwanto Sadli Mokoginta (21), warga Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berkerja sebagai penambang emas.

Dikatakannya, ia bekerja sebagai penambang bertujuan untuk membantu kedua orang tuanya dan juga membantu membiayai sekolah adiknya. “Adik saya saat ini masih duduk di bangku Sekolah Dasar,” urainya.

Tentang suka duka menjadi seorang penambang, dia mengatakan, tentu duka yang lebih besar dari pada suka, karena menjadi penambang emas ibaratnya seperti berjudi. “Tidak bisa dipastikan kapan akan mendapatkan emasnya, seperti saat ini saya bersama kelompok sudah beberapa minggu ini tidak mendapatkan emas,” ujarnya.

Namun berdasarkan pengalaman yang pernah dialaminya selama menambang, di tahun 2018 ia pernah mendapatkan emas sebesar 3 ons dalam kurun waktu sebulan. (ali)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *