Kota Bitung Siap Menjadi Lokasi Data Center Nasional

  • Whatsapp
Sebagian peserta diskusi foto bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Samuel Pangerapan.

Manado, DetikManado.com – Untuk mendukung penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik sebaga mana diamanatkan oleh Perpres 95 Tahun 2018, Kementrian Komunkasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana membangun Data Center Nasional di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Rencana tersebut tertuang dalam surat Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo RI nomor 352/KOMINFO/DJAI.3/AI.01.01/05/2019 tanggal 27 Mei 2019 yang meminta Wali Kota Bitung menyediakan lahan pembangunan Data Center Nasional.

Bacaan Lainnya

Pemkot Bitung melalui Kadis Kominfo Frangky Sondakh mengatakan Bitung siap menjadi lokasi Data Center Nasional. “Saya baru saja ditelepon Sekda untuk membuat surat jawaban kepada Kemenkominfo, bahwa Kota Bitung menerima permintaan tersebut,” jelas Sondakh saat diskusi santai Literasi Digital bersama Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Pangerapan di Cafe Whats Up, Kawasan Megamas, Kota Manado, Jumat (21/06/2019) sore.

Lanjut Sondakh, pihaknya mengharapkan dukungan relawan Teknologi dan Informasi (TIK) di Sulut supaya rencana pembangunan data center di Kota Bitung dapat terwujud.

Sementara itu, Pangerapan mengatakan pihaknya akan menjadikan Sulawesi Utara sebagai gerbang timur Teknologi Informasi. “Kenapa harus Bitung, karena kabel laut kita disana ada yang langsung ke Amerika,” jelas Samuel yang juga berasal dari kota Bitung. (dem)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait