Lapas Bersinar, Upaya Perangi Narkoba di Lapas Tondano

Pengukuhan Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada Lapas Tondano, Senin (17/4/2023). (Foto: Humas Kanwil Kemenkumham Sulut)

Tondano, DetikManado.com – Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun menghadiri kegiatan pencanangan Lapas Tondano Bersinar (Bersih dari Narkoba) pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Senin (17/4/2023).
Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Tondano ini dihadiri juga oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut Kombes Pol Pitra A Ratulangi, Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa.
Pada kegiatan ini dikukuhkan juga Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada Lapas Tondano. Juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Lapas Bersih dari Narkoba antara Lapas Tondano dengan BNNP Sulut.
Dalam penyampaiannya, Ratulangi sampaikan bahwa pengukuhan Satgas P4GN diharapkan bukan seremonial belaka namun satgas P4GN di Lapas Tondano agar dapat aktif menjalankan tugas P4GN.
Bupati Minahasa menyampaikan apresiasinya atas program-program Lapas Tondano serta kolaborasi yang terjalin antara Lapas Tondano dengan jajaran Forkompimda Kabupaten Minahasa.
“Jangan segan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa,” ujar Roring.
Kakanwil Kemenkumham Sulut dalam sambutannya menyampaikan Lapas Bersinar bukan merupakan suatu tujuan, namun merupakan upaya berkelanjutan melalui sinergitas dengan stakeholders terkait.
“Tidak dipungkiri upaya untuk membersihkan Lapas dari narkoba memiliki tantangan dan kendala tersendiri yang harus diatasi bersama-sama, P4GN bukan hanya pada penindakan dan pemberantasannya saja namun juga pada penanggulangan secara keseluruhan,” pungkas Ronald Lumbuun. (Yoseph Ikanubun)

Komentar Facebook