Lonjakan 101 Kasus Baru Covid-19 di Sulut, Ada 3 Penyebab Utama

  • Whatsapp
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel. (Foto: DetikManado.com/Yoseph Ikanubun).

Tondano, DetikManado.com – Selama dua Minggu terakhir, adanya lompatan penambahan kasus positif Covid-19 yang tinggi di Sulut.

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut melaporkan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 101 kasus baru, Minggu (16/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Terdapat 3 penyebab utama dari peningkatan kasus ini,” ujar Jubit Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel di Manado, Sulut, Minggu Malam.

Dandel menjelaskan penyebab peningkatan kasus baru Covid-19 tersebut. Pertama, jumlah hasil swab yang keluar dari Laboratorium PCR (milik pemerintah dan swasta) mencapai 4.000 hasil per Minggu.

“Dibandingkan dengan Minggu-Minggu sebelumnya yang mencapai 2.500 sampai dengan 3.000 sampel,” katanya.

Kemudian kedua, terjadinya lonjakan kasus suspek yang dirawat di rumah sakit yang kemudian di-follow up dengan tracing meluas oleh tim Surveilans Kabupaten/Kota terhadap kontak erat kasus suspek ini yang menghasilkan kasus kasus kontak erat yang terkonfirmasi positif.

Penyebab terakhir, terpantau bahwa disiplin dan ketaatan dalam melaksanakan protokol kesehatan, makin kendor di masyarakat. Kerumunan massal makin sering terlihat dan kebanyakan tanpa menggunakan masker.

Dandel pun mengimbau agar masyarakat di Sulut perlu meningkatan ketaatan dan kedisplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin.

“Kita perlu sesegera mungkin menjadikan 3M ini menjadi kebiasaan hidup kita yang mendarah daging. Jangan nanti saat ada Operasi Yustisi baru kebiasaan ini muncul. Hendaknya kesadaran ini datang dari masyarakat dan bukan karena hanya adanya ancaman hukum baru diterapkan,” tegas Dandel.

Diketahui per 16 November 2020, dengan adanya penambahan kasus baru positif Covid-19 di Sulut, total akumulatif kasus ini berjumlah 6.061 kasus. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *