Lulusan Teknik Elektro UTSU Siap Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp
Mahasiswa sedang melaksanakan praktek merakit robot.

Manado, DetikManado.com – Lulus SMA tapi masih bingung memilih jurusan kuliah itu hal yang lumrah. Tentunya setiap orang selalu mencari jurusan yang cocok dan pantas untuknya. Atau bagi yang belum punya pilihan, maka jurusan Teknik Elektro bisa jadi pilihan cerdas.

Bagi warga Nyiur Melambai, ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, salah satunya di Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) Manado.

Bacaan Lainnya

Kepala Program Studi Teknik Elektro UTSU Manado, Fernando Dotulong SKom MM

Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Elektro UTSU Manado Fernando Dotulong Skom MM mengatakan, mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Elektro di kampus swasta berkembang tersebut memiliki 4 pilihan konsentrasi. “Ada 4 pilihan konsentrasi di Prodi Teknik Elektro, yakni Teknik Informatika, Teknik Komputer, Arus Kuat, dan Arus Lemah,” jelas Nando sapaan akrab dosen muda berbakat ini.

Lanjutnya, beberapa keuntungan lulusan teknik elektro di kampus ini, walaupun mahasiswa mengambil konsentrasi Informatika, tapi mendapatkan pengetahuan tetang dasar elektronika dan mata kuliah elektro lainnya.  “Apapun konsentrasi yang dipilih, lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar yang sama, yakni Sarjana Teknik (ST),” jelasnya.

Lebih lanjut, pria berkacamata ini mengungkapkan ada dua pilihan jam kuliah di kampus tersebut, yakni kelas regular pagi yang dibuka pukul 09.00-13.00 wita dan kelas regular sore jam 17-00-22.00 wita. “Bagi yang sudah bekerja, bisa menyesuaikan dengan jam di tempat kerja. Kalau bekerja pagi, bisa mendaftar kelas regular sore,” tuturnya.

Sedangkan untuk kegiatan perkuliahan, kampus tersebut memiliki sejumlah dosen yang berpengalan di bidangnya masing-masing. “Dosen kami memiliki berbagai kemampuan, ada yang mendalami Networking, Big Data, Desain Web, Robotik. Semua ada di sini, tinggal mahasiswa menentukan bidang apa yang ingin didalami,” ujarnya.

Dengan didukung dosen yang profesional, Nanado menegaskan, Prodi yang dia pimpin ini siap mencetak sarjana yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. “Kampus menyediakan gratis akses wifi, laboratorium komputer dan elektronika. Selain itu mahasiswa teknik elektro juga memiliki kelompok-kelompok belajar seperti club Arduino dan club programming,” jelasnya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa mahasiswa jurusan ini juga aktif di berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan, khusunya organisasi mahasiswa Teknik Elektro. “Himpunan mahasiswa Teknik Elektro (Himatektro) UTSU, telah terdaftar sebagai anggota Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI), dan tahun 2017 lalu kami menjadi tuan rumah Muswil FKHMEI wilayah XVI,” ucapnya.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda menjadi mahasiswa pada kampus yang pernah meraih juara sebagai Medium and Small Campus terbaik se Sulawesi Utara (Sulut), versi Campus Hi-Tech Exhibitation & Education Fair 2013 se Sulut.  “Pendaftaran mahasiswa baru dibuka hingga akhir Agustus 2019 ini. Untuk itu, bagi yang berminat dapat datang langsung ke kampus tersebut di Kawasan Megasmart Manado atau bisa menghubungi WhatsApp 0821-9408-0221,” pungkasnya.(dem)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *