Paroki Tataaran Membagi Sembako Bantuan Pemprov Sulut

  • Whatsapp
Bantuan sosial dari Pemprov Sulut yang disalurkan Paroki Tataaran, Rabu (13/5/2020). (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Tondano, DetikManado.com – Gereja Katolik St Antonius dari Padua Tataaran di Minahasa, Sulut, menyalurkan bantuan sosial berupa sembako dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Pastor Paroki St Antonius dari Padua Tataaran Pastor Troyani Kalengkongan Pr mengatakan, Pemprov Sulut meminta Keuskupan Manado untuk menyalurkan bantuan bagi umat Katolik.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu, pendataan sangat dibutuhkan karena kita harus kena sasaran. Artinya siapa yang betul-betul patut untuk dibantu,” ujarnya, Rabu (13/5/2020) di Gereja St Antonius dari Padua Tataaran.

Pastor Troy mengatakan, semua orang pasti terdampak pandemi Covid-19. Namun baginya, Paroki Tataaran perlu mendata umat agar benar-benar mendapat bantuan itu.

Tampak umat Paroki Tataaran mengisi data untuk menerima bantuan sosial Pemprov Sulut, Rabu (13/5/2020). (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Umat yang mendapat bantuan sebanyak 382 KK yang tersebar di wilayah rohani Paroki St Antonius dari Padua Tataaran. Data tersebut telah terverifikasi di tingkat paroki, maupun Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Manado yang menjadi jalur penyaluran bantuan.

“Memang, kesulitan salah satunya adalah kita tidak tahu persis keadaan sebenarnya dari umat,” kata Troy.

Ia pun mengakui parokinya kesulitan memverifikasi data umat. Bahayanya kalau misalnya ada umat yang sudah diusulkan wilayah rohani.

“Kemudian saya mencoretnya karena menurut penilaian, mereka belum patut menerima bantuan. Ternyata betul-betul dia yang susah, tentu saja saya berdosa juga kalau begitu,” tegasnya.

Penyaluran bantuan ke Paroki Tataaran dilakukan pada Sabtu, 9 Mei 2020 lalu. Bantuan itu disalurkan melalui PSE Keuskupan Manado, lalu membagikannya ke masing-masing paroki. Untuk diketahui, sebanyak 382 KK di Paroki Tataran menerima bantuan tersebut. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait