Pengamatan Hilal Melalui Metode Ephemeris, Kemenag Sulut: 1 Ramadan Jatuh Pada 22 Maret 2023

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulut, H Sarbin Sehe. (Foto: Kemenag Sulut)

Manado, DetikManado.com – Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulut melaksanakan Rukyatul Hilal Penetapan Awal Ramadan 1444 Hijriah.

Pelaksanaan kegiatan itu bertempat di Lantai 3 Roof Top Grand Whisz Hotel MTC Manado, Kota Manado, Sulut, Rabu (22/3/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulut, H Sarbin Sehe mengapresiasi semua pihak, terutama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pengadilan Agama Manado. Keduanya hadir setiap tahun untuk berkolaborasi dengan Kemenag agar mengamati dan mengesahkan penetapan awal Ramadan.

Sementara itu, Kakanwil Sarbin menerangkan, walaupun hilal atau bulan sabit tidak terlihat akibat cuaca hujan di Manado dan sekitarnya, namun perhitungan tim Hisab Rukyat telah menetapkan Ramadan melalui sistem metode Ephemeris sehingga mendapat pengamatan penentuan 1 Ramadan.

“Bahwa hilal sudah berada di atas tiga derajat hingga 1 Ramadan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023,” kata Kakanwil Sarbin.

Komentar Facebook

Pos terkait