Perjuangkan Kedaulatan Energi, DEM Sulut Belajar Jurnalistik di AMSI

  • Whatsapp
DEM Sulut menyambangi Sekretariat Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut di Jl Elang Raya, Malalayang Timur 1, Manado, Sabtu (25/09/2021).

Manado, DetikManado.com – Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sulut berkomitmen memperjuangkan kedaulatan energi. Salah satu strateginya adalah dengan membangun jejaring dengan media massa, dan belajar jurnalistik agar nantinya bisa menulis berbagai isu, termasuk soal energi.

Terkait itu, 9 personil DEM Sulut menyambangi Sekretariat Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut di Jl Elang Raya, Malalayang Timur 1, Manado, Sabtu (25/09/2021). Mereka berlajar berbagai hal terkait jurnalistik, dan juga membangun komitmen bersama AMSI Sulut untuk mengawal isu energi.

Bacaan Lainnya

“Kami yakin lewat ilmu yang didapatkan hari ini bisa digunakan untuk terus memperjuangkan kedaulatan energi di Sulawesi Utara, aksi dan suara kami makin kuat lewat proses berliterasi dengan bantuan teman-teman di AMSI Sulut,” ujar Ketua DEM Sulut Erwin Damanik.

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan 4 pemateri yakni pemred Kabarmanado.com Julkifli Madina, Plt Pemred Beritakawanua.com Asrar Jusuf, Pemred Beritamanado.com Finda Morina Muhtar dan Redaktur Pelaksana Barta1.com Ady Putong. Dalam pelatihan ang dipandu moderator Mikael Labaro dari Detikmanado.com ini, sejumlah materi yang disampaikan yakni sejarah jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, kode etik dan UU Pers hingga teori dan praktik menulis berita.

“Penting bagi kita untuk belajar tentang sejarah serta peran pers, sebelum kita masuk ke materi-materi lanjutan,” ujar Madina.

Sedangkan Yusuf lebih banyak menjelaskan tentang kiat-kiat dalam melakukan reportase dan wawancara di lapangan. Selanjutnya Finda menyatakan kode etik adalah kebutuhan penting bagi jurnalis. Sebab kode etik akan menjadi rambu-rambu pembatas bagi jurnalis agar tidak terjebak dalam ruang kebebasan pers.

“Dengan kode etik, kalian punya batasan saat melaksanakan tugas-tugas di lapangan hingga menulis laporan hasil reportase,” ujar Bendahara AMSI Sulut ini.

Diketahui, DEM Sulut sudah bergerak sejak 3 tahun terakhir ini mengupayakan kedaulatan energi bagi masyarakat di desa-desa terpencil, di Bumi Nyiur Melambai. Dalam kerjanya, personil DEM Sulut mengedukasi warga dan menyuarakan pemerataan energi ke pemerintah. Listrik adalah hak hidup yang harus dirayakan rakyat sebagaimana amanat undang-undang.

Tak sampai situ, mereka juga turun langsung ke masyarakat lewat praktik nyata membangun sumber kelistrikan berskala kecil. DEM Sulut mampu memacu dan menggugah sejumlah perusahan swasta dan lembaga pemerintah untuk berkontribusi pada upaya pemerataan energi tersebut.

Ketua AMSI Sulut Agustinus Hari menyambut baik kegiatan pelatihan jurnalistik serta kerjasama DEM Sulut dan AMSI Sulut dalam mengaeal isu-isu energi. Apalagi memang masih ada ketimpangan di masyarakat dalam hal keterpenuhan akan kebutuhan energi ini.

“Media massa punya peran besar dalam mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah, termasuk dalam hal energi. Berjejaring dengan DEM Sulut ini tentu hal yang positif untuk memperjuangkan kedaulatan energi tersebut,” ujar Hari didampingi Sekretaris AMSI Sulut Supardi Bado. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait