Pesan Gemmy Kawatu Saat Sertijab Kepala SMA dan SMK di Sulut

  • Whatsapp
Kawatu bersama sejumlah pejabat lainnya foto bersama para kepala sekolah.

Manado, DetikManado.com – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut menggelar acara Sertijab Struktural dan Fungsional Kepala Sekolah SMA dan SMK yang turut dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Sulut Asia Gemmy Kawatu SE MSi, Jumat (10/01/2020).

Dalam sambutannya, Kawatu menyampaikan beberapa saat yang lalu baru dilakukan sertijab sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemprov dan kepala sekolah dan pengawas. “Saya ingin mengatakan bahwa setiap mutasi ataupun promosi itu adalah hal yang lumrah dalam kehidupan ASN,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pertama dan yang utama adalah bagaimana semua siap untuk menjadi pelaku pembangunan serta menjadi agen perubahan untuk masyarakat banyak serta adanya loyalitas dan pengorbanan. “Jadi saya mau mengatakan bahwa jajaran Dinas Dikda adalah ujung tombak pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia, dan itu ada di tangan bapak ibu semua,” tutur Kawatu.

Kawatu menyaksikan penandatanganan berita acara sertijab.

Lanjutnya, dunia pendidikan membutuhkan ASN yang premium bukan yang biasa saja karena kadang kala ada masa naik dan turun sebuah level kehidupan. “Mungkin kita merasa jabatan sebelumnya lebih baik dari sekarang, tetapi apa artinya jabatan yang besar tetapi ketika kita di sana tidak berbuat sesuatu yang berarti terlebih untuk anak-anak kita,” ungkapnya.

Kawatu juga mengatakan saat ini dirinya sudah dua tahun meninggalkan Dinas Pendidikan namun dia sangat memahami bahwa Kepala Sekolah sebagai manajer dalam sekolah punya tanggung jawab besar. Mulai dari proses merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi sampai melaporkan itu bagian tugas serta proses pembelajaran. “Termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan dana BOS itu menjadi tanggung jawab yang luar biasa,” ujar Kawatu.

Dia menambahkan, tugas ini hanya bisa dijalankan jika memiliki ‘passion’ dan hati serta empati. “Saya berharap teman-teman dari Talaud sampai dengan Bolmut dapat melaksanakan lebih baik karena setiap kepercayaan itu ada tanggungjawab dan setia tanggung jawab harus dipertanggungjawabkan,” pungkas Kawatu. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *