Piala Dunia: Hasil Inggris vs Senegal, Three Lions Siap Ladeni Prancis di 8 Besar

Selebrasi para pemain Inggris usai mengalahkan Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Senin 5 Desember 2022. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Pertandingan antara Inggris dan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 dimainkan di Stadion Al Bayt, Al Khor pada 3 Desember 2022.

Inggris mampu mengatasi Senegal dengan skor 3-0, sekaligus maju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Di sana, Prancis sudah menanti.

Harry Kane mencetak gol perdana di Qatar, Jordan Henderson dan Buyako Saka sempurnakan kemenangan Inggris atas Senegal menuju perempat final Piala Dunia 2022.

 

Review Pertandingan

Dikutip dari laman resmi FIFA, Inggris menyiapkan pertandingan perempat final Piala Dunia FIFA 2022 Qatar melawan juara bertahan Prancis dengan kemenangan meyakinkan atas Senegal.

Anak asuh Gareth Southgate sedikit kesulitan dalam setengah jam pertama yang menegangkan di Stadion Al Bayt.

Jordan Pickford bergegas keluar untuk menghentikan tendangan Ismaila Sarr yang mencoba menaruh bola ke sisi tiang dekat setelah 22 menit.

Pada 10 menit kemudian, Sarr dengan cerdik bekerja sama dengan Boulaye Dia untuk melakukan tembakan mendesis yang disambut Pickford dengan tepisan tangan kiri yang kuat.

Inggris bekerja keras pada periode pembukaan itu, tetapi Jude Bellingham dan Jordan Henderson bekerja sama untuk menghidupkan penampilan yang tiba-tiba dipenuhi dengan kepercayaan diri.

Ketika Inggris mengotak-atik dari sayap kiri, Bellingham mengambil alih untuk mengirim umpan silang mendatar. Sesama gelandang Henderson, masuk ke dalam kotak penalti Senegal, mengarahkan penyelesaian yang berhasil melewati Edouard Mendy.

Mendy terpukul lagi di menit ketiga waktu tambahan babak pertama, dan Bellingham berperan penting, sekali lagi. Pemain Borussia Dortmund itu mencuri penguasaan bola di wilayahnya sendiri dan membangun serangan untuk memberi umpan kepada Phil Foden.

Umpan kali pertamanya tepat waktu dan dieksekusi dengan sempurna oleh Harry Kane yang datang dengan cepat untuk memasukkan bola dan mencetak gol pertamanya di turnamen.

Harapan samar kebangkitan Senegal pupus 12 menit setelah jeda. Inggris tidak puas dengan skor 2-0 ketika Mendy terus dicecar tembakan dari Kane yang dengan susah payah mampu diamankan sang kiper. Tapi Mendy tak berdaya 60 detik kemudian.

Foden yang cerdik menghindari tekel untuk maju ke dalam kotak penalti dan menekan umpan silang sayap kiri melewati Kalidou Koulibaly.

Saka, yang mencetak dua gol pada pertandingan pembukaan Inggris, menyambut umpan tersebut dan dengan cekatan melewati kiper untuk memastikan pertemuan Piala Dunia pertama timnya dengan Prancis sejak 1982.

 

Momen Kunci

Beberapa momen untuk dipilih, langsung dari saat daftar tim turun saat kami mempelajari bahwa Henderson dan Saka akan bermain sejak awal.

Pilihan Gareth Southgate tidak selalu disambut dengan pujian universal di Inggris, tetapi dia lebih sering melakukannya dengan benar. Henderson dan Saka sama-sama mencetak gol untuk menggarisbawahi poin itu.

Tapi serangan tegas Harry Kane dengan tendangan terakhir di babak pertama, mungkin, adalah momen paling signifikan malam itu.

Senegal dapat menganggap diri mereka tidak beruntung tertinggal pada saat itu setelah memanfaatkan sebagian besar pergerakan dan peluang sebelum gol pembuka Henderson.

Tim asal Afrika itu pasti akan tetap berharap mendapatkan kembali pijakan dalam pertandingan, mengingat semua yang telah terjadi sebelumnya.

Gol Kane, dan caranya yang meyakinkan, mengakhiri itu, mengirim Inggris ke jeda antar babak dengan skor yang signifikan dan meninggalkan peluang Senegal yang semakin tipis untuk memperpanjang masa tinggal mereka di Qatar.

Yang sama-sama menggembirakan bagi manajer Southgate dan pendukung Inggris adalah melihat Kane tidak melenceng dari sasarannya di turnamen tersebut. Striker itu berjanji dia akan mencetak golnya untuk fase knock-out dan dia menepati janjinya.

Kane sama-sama tak tampil moncer di fase grup UEFA Euro tahun lalu, tetapi ketika perjalanan tim meningkat, dia mencetak empat gol dalam perjalanan Inggris ke final.

Pemenang Sepatu Emas 2018 itu mencetak golnya dengan sikap seorang gentleman dalam performa mencetak gol bebas, bukan seseorang yang menunggu gol pertamanya di kompetisi.

Dia tertinggal satu gol di belakang rekor internasional Inggris, 53 gol Wayne Rooney dan sekarang dia mungkin melampauinya, dan mengklaim kehormatan untuk dirinya sendiri di Qatar.

Inggris menghadapi perempat final yang sangat sulit melawan Prancis, tetapi dengan Kane kembali mencetak gol, peluang mereka untuk mengatasi juara 2018 meningkat secara nyata.

 

Statistik

Jordan Henderson, pada usia 32 tahun dan 170 hari, menjadi pencetak gol tertua kedua Inggris di Piala Dunia FIFA. Dia harus bertahan setidaknya hingga Piala Dunia 2030 untuk mengalahkan Tom Finney, yang mencetak gol melawan Uni Soviet, berusia 36 tahun dan 64 hari, pada tahun 1958. (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Eric Dier 76′), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Kalvin Phillips 82′), Declan Rice, Jude Bellingham (Mason Mount 76′); Bukayo Saka (Marcus Rashford 65′), Harry Kane, Phil Foden Jack Grealish 65′).

 

Senegal: Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs (Fode Toure 84′); Pathe Ciss (Pape Alassane Gueye 46′), Nampalys Mendy; Krepin Diatta (Pape Matar Sarr 46′), Iliman Ndiaye (Bamba Dieng 46′), Ismaila Sarr; Boulaye Dia (Famara Diedhiou 72′).

Komentar Facebook