Piala Dunia: Hasil Prancis vs Polandia, Oliver Giroud dan Kylian Mbappe Cetak Rekor!

Kylian Mbappe membawa Prancis melaju ke perempat final setelah mengalahkan Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama Qatar, Minggu 4 Desember 2022. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Prancis menyingkirkan Polandia di babak 16 besar Piala Dunia dengan skor 3-0 Minggu berkat gol dari Olivier Giroud dan dua gol dari Kylian Mbappé, Minggu (4/12/2022).

Di babak perempat final, Prancis akan menghadapi Inggris yang di laga 16 besar Piala Dunia 2022 berhasil mengalahkan Senegal dengan skor 3-0.

Ada rekor lain yang tercipta saat Prancis mengalahkan Polandia, yakni Olivier Giroud menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Les Blues dengan 52 gol.

Dikutip dari laman resmi FIFA, apapun masa depan Prancis di Piala Dunia FIFA 2022 Qatar ini, sejarah akan tetap indah. Ini adalah kisah tentang seorang striker juara dunia empat tahun lalu yang tidak mencetak satu gol pun pada saat itu, dan melakukan balas dendam yang baik atas takdirnya.

 

Striker ini tentu saja Olivier Giroud. Ketika Prancis memainkan perempat final Piala Dunia pada Sabtu depan, itu sebagian berkat pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa pada Minggu ini, 4 Desember dengan 52 gol.

Korban Giroud kali ini adalah Polandia. Meskipun Polandia nyaris saja tersingkir dari Grup C, tim yang dipimpin oleh Piotr Zieliński tidak datang ke Stadion Al Thumama sebagai korban penebusan.

Meskipun Prancis mendominasi babak pertama, Robert Lewandowski dan rekan-rekannya hampir saja membuka skor, khususnya pada situasi tiga kali upaya gol beruntun yang akhirnya diselamatkan secara ajaib oleh Varane. Namun kemudian, Olivier Giroud meledak dan memberi keunggulan pada Prancis tepat sebelum jeda.

Dengan ritme yang cukup lamban sepanjang babak kedua, Les Blues lebih sering mendikte tempo tanpa benar-benar memberi kesempatan kepada Polandia untuk bangkit.

Ousmane Dembélé akhirnya memberi operan kepada Kylian Mbappé yang, dengan tendangan keras di bawah mistar gawang Wojciech Szczęsny, semakin meyakinkan tempat Prancis di perempat final dengan melepaskan tembakan ke sudut lawan Polandia.

Mbappe akhirnya membuat gol serupa beberapa menit setelahnya dan membuatnya mencetak sembilan gol di Piala Dunia dalam usia 23 tahun!

Gol Lewandowski dari titik penalti tidak akan mengubah apa pun, tetapi cukup menjadi hiburan bagi Polandia.

 

Momen Penting: Gol ke-52 Olivier Giroud

Olivier Giroud telah menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah tim Prancis di saat-saat terbaik. Saat Polandia mulai mengancam, Les Blues mampu menginjakkan kaki di waktu yang tepat untuk menambah tekanan.

Pada menit ke-44, umpan Kylian Mbappé mengarah ke Olivier Giroud. Saat mengambil bola, pemain AC Milan itu memosisikan diri untuk menyilangkan tembakannya dan mengarah ke dalam jaring sisi berlawanan dari Wojciech Szczęsny. Gol bersejarah!

 

Statistik

Kylian Mbappé menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia ini berkat gol ke-4 dan ke-5. Striker Prancis itu mencetak gol di setiap pertandingan yang dia mulai di Qatar dan bahkan memberikan assist.

Pada usia 36 tahun dan 65 hari, Olivier Giroud juga menjadi pemain tertua yang mencetak gol dalam pertandingan di fase gugur Piala Dunia, sejak Roger Milla (38 tahun dan 34 hari) melawan Kolombia di Italia 1990. (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni (66′ Youssouf Fofana), Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (76′ Kingsley Coman), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (76′ Marcus Thuram)

Pelatih: Didier Deschamps

 

Polandia (3-4-3): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamal Glik, Jakub Kiwior (87′ Jan Bednarek); Matty Cash, Sebastian Szymanski (64′ Arkadiusz Milik), Grzegorz Krychowiak (71′ Krystian Bielik), Przemyslaw Frankowski (87′ Kamil Grosicki); Piotr Zielinski, Jakub Kaminski (71′ Nicola Zalewski), Robert Lewandowski

Pelatih: Czeslaw Michniewicz

Komentar Facebook