Piala Dunia: Jelang Inggris vs Senegal, Head to Head dan Prediksi Line Up

Marcus Rashford bertekad membawa Inggris mengatasi Senegal dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar, Senin (5/12/2022), di Stadion Internasional Khalifa Qatar. (foto:fifa.com)

 

Manado, DetikManado.com – Inggris akan berhadapan dengan Senegal dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Senin (5/12/2022).

Inggris siap untuk pertandingan fase gugur pertama melawan negara Afrika sejak Piala Dunia Italia 1990, ketika menghadapi Kamerun dalam laga perempat final yang menegangkan.

Semifinalis 2018 Inggris tidak terkalahkan di Grup B, dan mencetak sembilan gol. Senegal menargetkan menyamai pencapaian perempat final 2002, menyusul kemenangan beruntun.

Pemenang antara Inggris vs Senegal akan berhadapan dengan juara bertahan Prancis atau Polandia di delapan besar.

Inggris memanfaatkan dengan maksimal pertandingan pembukaan mereka melawan Iran, gol Jude Bellingham pada menit ke-35 membuka keran enam gol yang tercipta.

Pelatih Gareth Southgate mengakui dia marah bagaimanapun, setelah timnya kebobolan dua gol pada babak kedua.

Semifinalis 2018 tersebut memperketat pertahanan saat melawan AS. Kesadaran defensif mereka yang tinggi harus dibayar mahal, ketika Inggris menciptakan sedikit peluang dalam hasil imbang 0-0.

Pertahanan dan serangan The Three Lions terlihat sempurna di pertandingan penutup grup, ketika Inggris mendominasi Wales untuk menang 3-0 dan menghasilkan momentum dan keyakinan untuk melaju ke fase knock-out.

Senegal juga tiba di babak 16 besar dengan kepercayaan diri yang besar. Tim polesan Aliou Cisse kalah dalam pertandingan pembukaan mereka dari Belanda setelah kebobolan dua gol telat.

Rasa frustrasi mereka diperparah dengan absennya penyerang bintang Sadio Mane karena cedera, dan tim Afrika menghadapi tantangan yang sangat berat untuk lolos dari grup.

Mereka menghadapi tantangan itu dengan baik, beradaptasi dengan situasi mereka untuk memetik kemenangan 3-1 atas Qatar.

Setelah itu menjalani pertandingan hidup mati melawan Ekuador yang impresif, untuk melaju ke penampilan kedua di babak 16 besar bagi Senegal.

Inggris telah diberkati dengan keberuntungan dengan cedera dan skorsing di Qatar. James Maddison tidak tersedia untuk dua pertandingan pembukaan tetapi kembali berlatih penuh, sementara Harry Kane dengan cepat mengatasi masalah pergelangan kaki yang diderita melawan Iran.

Satu-satunya yang absen adalah Ben White, bek Arsenal yang pulang karena alasan pribadi. Inggris juga menjalani tiga pertandingan grup mereka tanpa mengumpulkan kartu kuning.

Idrissa Gana Gueye menerima kartu dua kali pada fase grup dan absennya pemain Everton ini merupakan pukulan telak bagi Cisse.

Pelatih Aliou Cisse kemungkinan besar tidak akan bisa memainkan gelandang lain Cheikhou Kouyate, yang dibawa keluar dengan tandu pada pertandingan pembukaan melawan Belanda setelah pergelangan kakinya cedera.

Pape Matar Sarr dari Tottenham Hotspur dan Mamadou Loum, pemain Porto yang dipinjamkan ke Reading di Divisi Championship, bersaing untuk menggantikan tempat Gana Gueye yang berpengalaman.

 

Head-to-head

Ini adalah pertemuan kedua negara sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia FIFA.

 

Statistik Kunci

Inggris telah memenangkan lima dari tujuh pertandingan mereka pada babak 16 besar Piala Dunia FIFA.

Inggris tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan Piala Dunia FIFA melawan tim Afrika (Menang 4, Seri 3).

Inggris telah menjaga clean sheet dalam dua laga terakhir mereka di Piala Dunia FIFA. Terakhir kali mereka mencatatkan tiga clean sheet berturut-turut pada putaran final terjadi pada 2002.

Melawan Wales, Inggris menjadi tim ketujuh yang mencapai tonggak 100 gol yang dicetak di Piala Dunia FIFA. Enam lainnya adalah Brasil, Jerman, Italia, Argentina, Prancis, dan Spanyol.

Senegal tidak mencatatkan clean sheet dalam 10 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia FIFA.

Senegal memenangkan satu-satunya pertandingan babak 16 besar Piala Dunia sebelumnya: 2-1 setelah perpanjangan waktu melawan Swedia pada 2002.

Melawan Ekuador, Kalidou Koulibaly menjadi pencetak gol tertua untuk Senegal dalam pertandingan Piala Dunia FIFA, pada usia 31 tahun 162 hari.

“Kami tahu bahwa kami akan menjadi favorit, kami harus menghadapinya, tetapi mereka adalah tim yang sangat berbahaya. Target pertama kami tercapai. Sampai saat ini, kami sangat senang. Bisnis besar dimulai sekarang,” ujar pelatih Inggris Gareth Southgate sebagaimana dilansir dari situs resmi FIFA.

Sedangkan pelatih Senegal Aliou Cisse mengatakan, laga ini akan menjadi babak baru bagi timnya. Mereka tahu Senegal bergerak ke babak gugur, yang sama sekali berbeda dari apa yang biasa dimainkan di pertandingan (grup) seperti ini.

“Sekarang situasinya menang atau kalah, tidak ada peluang kedua. Jika Anda menang, Anda terus melangkah, jika Anda kalah, Anda pulang,” ujarnya. (Yoseph Ikanubun)

 

Prediksi Line-Up

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jude Bellingham, Mason Mount; Marcus Rashford, Harry Kane, Bukayo Saka.

 

Senegal: Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Pathe Ciss, Pape Gueye; Pape Matar Sarr, Iliman Ndiaye, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.

 

Komentar Facebook