Piala Dunia: Jelang Prancis vs Polandia, Lewandowski Cs Ingin Seperti Momen Spanyol 1982

Prancis akan menghadapi Polandia dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Minggu (4/12/2022), di Stadion Al Thumama, Qatar. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Prancis dan Polandia akan bertemu pada Minggu (4/12/2022), di Stadion Al Thumama, untuk memperebutkan tiket perempat final Piala Dunia 2022.

Prancis finis di puncak klasemen Grup D, sedangkan Polandia di posisi kedua Grup C Piala Dunia 2022, setelah menyelesaikan tiga laga mereka.

Pertama kali sejak Piala Dunia 2006 di Jerman, juara bertahan lolos ke babak 16 besar. Pemenang akan menghadapi Inggris atau Senegal pada perempat final.

Dikutip dari laman resmi FIFA, juara bertahan Prancis melaju ke babak gugur Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, itu adalah pencapaian tersendiri jika berkaca dari para pemenang dalam 16 tahun terakhir.

Italia, Spanyol, dan Jerman gagal lolos dari fase grup ketika mencoba mempertahankan gelar mereka pada 2010, 2014, dan 2018.

Didier Deschamps dan para pemainnya bisa senang karena mampu menghentikan tren negatif itu. Saat ini, mereka bertekad mengatasi tantangan selanjutnya.

Polandia yang akan menjadi lawan, berhasil melangkah ke babak 16 besar untuk pertama kali sejak 1986 dengan margin yang tipis, meskipun kalah melawan Argentina dengan skor 0-2 pada Grup C, Kamis lalu. Robert Lewandowski dan kawan-kawan tidak difavoritkan melawan Les Bleus.

Namun, mereka bisa mengambil inspirasi dari Tunisia yang mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 pada laga terakhir fase grup. Walaupun Prancis melakukan beberapa perubahan sebelum kekalahan mengejutkan itu, tim tersebut lebih rentan dibandingkan awal turnamen. Mungkinkah Polandia juga bisa memberikan kejutan?

 

Head-to-head

Prancis dan Polandia sudah beberapa kali bertemu. Les Bleus memiliki catatan yang jauh lebih baik dengan delapan kemenangan, tiga kekalahan, dan lima imbang. Satu-satunya pertemuan dua tim Eropa itu dalam turnamen internasional ialah pada perebutan tempat ketiga pada Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Saat itu, Polandia yang dilatih Antoni Piechniczek menang dengan skor 3-2. Mereka mencetak gol sebelum dan sesudah babak pertama untuk melaju ke podium.

 

Data dan Fakta

Jika bermain melawan Polandia akhir pekan ini, Antoine Griezmann akan tampil dalam 71 laga beruntun bersama Prancis. Itu adalah rekor sepanjang sejarah tim nasional Prancis.

Dengan 136 pertandingan dan 77 gol, Robert Lewandowski bukan hanya pemain dengan caps terbanyak di Polandia. Dia juga pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah tim nasional negara tersebut dengan jarak yang jauh dari pesaingnya.

“Kami bisa menyamakan kedudukan melawan Tunisia, tetapi gol kami dianulir. Kami sudah mencapai target dan sekarang fase kedua akan dimulai,” ujar pelatih Prancis Didier Deschamps.

Sedangkan penyerang Polandia Robert Lewandowski mengatakan, melaju ke babak 16 besar adalah pencapaian besar. Melawan Prancis akan sulit, namun mereka harus tetap fokus.

“Saya tahu itu bukanlah performa terbaik kami (melawan Argentina). Namun, jika kami bersiap lebih baik, jika kami bisa meningkatkan apa pun yang tidak berjalan hari ini, dan jika kami mengerahkan semuanya, kami tentu saja memiliki peluang,” ujarnya. (Yoseph Ikanubun)

 

Prediksi Line-Up

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Dayot Upamecano, Raphael Varane, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe

 

Polandia: Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Jakub Kiwior, Kamil Glik, Matty Cash; Przemyslaw Frankowski, Sebastian Szymanski, Krystian Bielik, Piotr Zielinski; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski

Komentar Facebook