Pilpres 2019 : Jokowi-Ma’ruf Amin vs Prabowo-Sandiaga Uno

  • Whatsapp
Pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin,dan Prabowo Sunianto – sandiaga Uno (foto : Ist)

Jakarta – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya teka teki siapa calon wakil Presiden yang akan mendamping Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), pada Pilpres 2019 nanti akhirnya terjawab, setelah Jokowi mengumumkan nama cawapres KH. Ma’ruf Amin, di sebuah restoran kawasan Menteng. Jakarta, Kamis (09/08/2018) petang tadi.

Dihadapan awak media, Jokowi yang didamping pimpinan partai koalisi, menyampaikan keputusannya memilik Ketua MUI tersebut akan mendampingi dirinya sebagai calon wawakil presiden periode 2019-2024.

Bacaan Lainnya

“Dengan mempertimbangkan masukan-masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat… maka saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor KH Ma’ruf Amin” ungkap mantan Walikota Solo tersebut.

Adapun partai yang tergabung dalam koalisi Indonesia kerja terdiri dari enam parpol berada di parlemen yakni PDI-P, Golkar, Nasdem, PKB, PPP dan Hanura serta tiga parpol di luar parlemen, yakni PSI, Perindo dan PKPI.

Prabowo – Sandiaga Uno

Sementara itu dari kubu Prabowo Subianto, Kamis (09/08/2018), pukul 23.30 WIB, mendeklarasikan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Prabowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa tiga partai politik yaitu PAN, PKS dan Gerindra memutuskan memberikan kepercayaan kepada Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Uno. “Pimpinan Tiga partai politik telah memberikan kepercayaan kepada saya dan saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk masa bakti 2019-2024,” kata mantan Danjen Kopasus tersebut.

Dalam jumpa pers tersebut, Prabowo dan Sandia, didampingi petinggi Partai Gerindra serta pimpinan PKS dan PAN, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.

Dengan demikian, sudah dipastikan pasangan Capres dan Cawapres yang akan bertarung pada Pilres 2019 nanti, yaitu Joko Widodo – Ma’ruf Amin, yang diusung oleh 9 partai politik, dan pasangan Prabowo Sunianto – sandiaga Uno yang diusung oleh tiga partai politik.

Sedangkan partai Demokrat, yang merupakan parpol parlemen dengan 61 kursi atau 10,9% kursi DPR, belum ada kepastian apakah akan begabung dengan kolasisi Prabowo-Sandiaga atau berlabu ke koalisi Indonesia kerja yang mengusung pasangan Jokowi Joko Widodo – Ma’ruf Amin. (Red/kcm/dtc)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *