Polres Kepulauan Talaud Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

  • Whatsapp
Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma Sari Irawan.

Manado, DetikManado.com – Dalam rangka meningkatkan keamanan di daerah perbatasan, Polres Kepulauan Talaud yang berada di ujung utara NKRI terus meningkatkan pengawasan terhadap orang asing.

Hal ini dikatakan Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma Sari Irawan bahwa pengawasan dilakukan juga terhadap wisatawan maupun mereka dengan tujuan usaha. “Termasuk juga jika ada yang menetap sementara di Talaud,” katanya, Kamis (06/02/2020).

Bacaan Lainnya

Kapolres juga mengatakan pihaknya telah melakukan langkah-langkah pemantauan atau deteksi dini terhadap orang asing yang masuk ke wilayah Talaud, baik itu dari Filipina maupun lewat penerbangan dari Manado. “Untuk pengawasan orang asing kami memaksimalkan para Bhabinkamtibmas di polsek jajaran dan bersinergi dengan personel TNI, sehingga deteksi dini dapat dilakukan secara maksimal,” jelasnya.

Kapolres menambahkan pihaknya akan terus melakukan pemantauan apabila ada orang asing yang masuk ke Kepulauan Talaud kemudian diperiksa data-datanya, baik itu passport dan perijinan, seperti izin tinggal sementara dan dokumen lainnya. “Jadi kami hanya sebatas melakukan deteksi dini terhadap orang asing, dan terus berkoordinasi dengan pihak imigrasi. Jika didapati ada yang kurang pas, maka kita berkoordinasi untuk langkah selanjutnya, apakah nanti dipulangkan atau dideportasi,” kuncinya. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *