Sejumlah Dosen Unsrat Menyampaikan Mosi tak Percaya Terhadap Rektor

Aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah dosen terkait kepemimpinan Rektor Unsrat.

DetikManado.com, Manado – Sejumlah dosen di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menyampaikan mosi tidak percaya terhadap Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSi DEA.

Penampaian mosi tidak percaya itu dilakukan saat ada kunjungan Dirjen Diktiristek Prof Ir Nizam PhD ke kampus Unsrat, Rabu (12/10/2022).

Salah satu dosen Dr Rorigo Elias SH MH mengatakan, mereka mewakili civitas akademika Unsrat ingin menyampaikan pada pihak Kementrian agar memberhentikan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat DEA.

“Rektor menggunakan kekuasaan ini dengan mengganti pejabat-pejabat definitif yang sudah jelas bertentangan dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Dia mengatakan, seharusnya Kumaat menunggu rektor baru sehingga digantikan pejabat sesuai dengan kepercayaan rektor agar mampu bekerja sama.

Dosen Fakultas Hukum Unsrat ini menambahkan, ketika sudah ada dinasti di dalam suatu pemerintahan, ini akan mengganggu kepemimpinan rektor yang akan datang.

“Dengan ini, kami meminta kepada pihak Kementerian, agar segera mengganti rektor saat ini,” tandasnya.

Para dosen juga menyerahkan mosi tidak percaya kepada Dirjen Diktiristek Prof Ir Nizam PhD saat akan bertemu dengan Senat Unsrat.

Menanggapi hal tersebut, Humas Unsrat Max Rembang menuturkan bahwa penyampaian aspirasi tersebut adalah hak setiap warga negara.

Komentar Facebook