Sempat Ditahan di Filipina, Mokoginta dan 4 WNI Asal Sulut Tiba di Manado

Suparlan Mokoginta (paling kanan) bersama 4 WNI asal Sulut saat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Manado, DetikManado.com – Suasana penuh sukacita nampak di raut wajah sejumlah anggota keluarga yang menjemput 5 Warga Negara Indonesia (WNI) asal Sulut yang dipulangkan ke Manado melalui jalur penerbangan Davao Filipina – Manado, Jumat (13/12/2019) sore.

Diketahui kelima WNI itu adalah Suparlan Mokoginta, Herison Pamikiran (50), Jimbris Dalema (24), Yustron Damal (41), dan Sopian Undingan (32). Mereka ditahan oleh otoritas Filipina atas tuduhan ilegal entry dan smuggling.

Bacaan Lainnya
Pihak KJRI Davao City menyerahkan Suparlan Mokoginta kepada pihak keluarga.

Menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Suparlan dkk tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 15.23 Wita, setelah terbang dari Davao pada pukul 13.15. Kedatangan mereka yang didampingi dua petugas dari Konsulat Jenderal Republik Indoensia (KJRI) di Filipina langsung disambut pihak keluarga.

Proses selanjutnya adalah penadatanganan sejumlah dokumen berita acara penyerahan 5 WNI kepada pihak keluarga yang dipimpin oleh Fungsi Protokoler Konsuler dan Pelayanan Perlindungan WNI Gufron Hariyanto, dan Staf Tekhnis Imigrasi KJRI Davao City Galih Perdhana. “Dengan ini kami menyerahkan 5 WNI ini kepada para keluarga masing-masing. Dengan pesan, jangan mengulang lagi kesalahan. Harus melengkapi dokumen-dokumen jika melintas batas ke Negara lain,” ujar Gufron. (joe/ml)

Komentar Facebook

Pos terkait