Siswa SMAN 2 Bitung Dilatih Mengidentifikasi dan Menangkal Hoaks

Puluhan siswa SMAN 2 Bitung, Jumat (12/5/2023), belajar bagaimana mengidentifikasi dan menangkal hoaks. (Foto: Dokumentasi Jurnalis Pendidikan Sulut)

Bitung, DetikManado.com – Materi ketiga dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Siswa di SMAN 2 Bitung, Jumat (12/5/2023), terkait dengan Bagaimana Mengidentifikasi dan Menangkal Hoaks yang disampaikan oleh Yoseph E Ikanubun.

“Hoaks adalah informasi bohong. Ada berbagai jenis hoaks, karena itu penting bagi kita mengidentifikasi sekaligus menangkal hoaks,” papar Ikanubun yang juga Pemred DetikManado.com ini.

Dia memaparkan, ada beragam hoaks berupa misinformasi dan disinformasi yang berkembang dan menyebar sehari-hari. Untuk itu, perlu mengenali beragam mis dan disinformasi tersebut.

“Misinformasi adalah informasi yang salah, namun orang yang membagikannya percaya itu benar. Sedangkan disinformasi adalah informasi yang salah dan orang yang membagikannya tahu itu salah. Ini disengaja,” papar Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Periode 2018-2021 dan 2021-2024 ini.

Dia kemudian memaparkan disertai beragam contoh jenis-jenis misinformasi dan disinformasi yakni satire, konten menyesatkan, konten asli tapi palsu, konten pabrikasi, konten tidak terkait, konten dengan konteks yang salah, serta konten manipulatif.

“Untuk itu, kita perlu mencermati baik-baik konten-konten yang beredar, jangan kita langsung membagikan karena bisa dikategorikan sebagai penyebar hoaks,” ujar Penguji Kompetensi Jurnalis AJI Indonesia ini.

Dalam kesempatan itu, Ikanubun juga memaparkan tentang penyebab muncuknya hoaks yang beredar di masyarakat. Dia menyebut, sedikitnya ada 7 alasan beredarnya misinformasi dan disinformasi.

Komentar Facebook