Upaya Pemkot Manado Atasi Persoalan Sampah

  • Whatsapp
Sampah di pinggiran Sungai Bahu Malalayang, Manado.

Manado,DetikManado.com – Terkait menumpuknya sampah di pinggiran Sungai Bahu Malalayang, Manado,  tepatnya di bawah jembatan perbatasan Bahu Malalayang, Kepala Seksi Penanganan Dan Pengurangan Sampah Kota Manado Lieke Kembuan terjun langsung memantau pengangkutan sampah, Selasa (11/06/2019)

Lieke Kembuan mengatakan kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal di bantaran sungai sehingga masih terjadi pembuangan sampah langsung ke sungai.

Muat Lebih

“Menghilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan dimulai dari diri sendiri dan mulai dari rumah masing masing,” ujarnya.

Lieke juga mengajak masyarakat mulai memilah sampah minimal memilah sampah organik untuk dijadikan kompos dan sampah anorganik ditabung ke bank sampah.

Dia juga mengimbau agar masyarakat jangan menjadikan sungai sebagai keranjang sampah karena dampaknya lingkungan akan tercemar terlebih oleh sampah plastic. Apalagi untuk sampah plastik butuh puluhan tahun baru terurai. “Kalau dibiarkan di air lama kelamaan terurai menjadi mikroplastik yang kemudian bisa dimakan ikan. Ketika ikan dimakan manusia, maka bisa terkontaminasi macam-macam penyakit,” beber Lieke.(hardy)

Komentar Facebook

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *