2019, Disdukcapil Manado Siapkan 50 Ribu Blangko KIA

Kadis Disdukcapil Kota Manado Julises Oehlers.

Manado,DetikManado.com-Sebanyak 50 ribu keping blangko Kartu Identis Anak (KIA) dipersiapkan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Manado (Disdukcapil) di Tahun 2019 guna untuk mengantongi identitas anak 0 – 17 tahun minus sehari.

Hal ini diungkapkan Kadis Disdukcapil Julises Oehlers pada DetikManado, Kamis (20/06/2019) di ruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

Julises mengatakan di tahun 2019 per bulan Juni ini sudah sekitar 7 ribu anak yang mengurus KIA. “Dengan adanya KIA ini, maka anak-anak bisa mengurus keperluan mereka sendiri tanpa harus memperlihatkan kartu keluarga,”ucapnya.

Dia menambahkan, Disdukcapil juga sudah menyampaikan ke Dinas Pendidkikan lewat dari pertemuan-pertemuan, agar di saat anak-anak masuk sekolah menjadi salah satu syarat untuk memasukan KIA.

Pengurusan KIA sangat mudah, hanya diharuskan mengisi formulir pengajuan. Dengan membawa fotocoppy akta kelahiran, fotocoppy KTP orang tua, fotocoppy kartu keluarga.  “Anak di atas usia 5 tahun, bawa pas foto ukuran 2X3 dua buah. Kalau anak di bawah lima tahun tidak harus membawa foto,” ujar Julises.

Julises juga menambahkan perbedaan dalam KIA untuk anak usia 0-5 tahun dengan 5-17 tahun. Perbedaannya yaitu penggunaan foto bagi kelompok usia 5-17 tahun, sedangkan 0-5 tahun tidak menggunakan foto. (hs)

Komentar Facebook

Pos terkait