Bersihkan Sampah di Manado, WCD Sulut Gelar Pre Event

  • Whatsapp
Pre Event WCD Sulut di Manado, Jumat (11/9/2020). (Foto: Ist)

Tondano, DetikManado.com – Relawan yang tergabung dalam World Cleanup Day (WCD) di beberapa kabupaten dan kota di Sulut telah melaksanakan pre event, guna menyambut Event WCD International tanggal 19 September 2020 nanti.

Di Sulut, WCD menggelar pre event yang diikuti bersama komunitas di Kota Manado, Sulut dengan membersihkan sampah yang ada di darat, maupun laut Kota Manado, Jumat (11/9/2020).

Bacaan Lainnya

WCD Sulut berhasil mengangkat dan mengumpulkan sampah  seberat 282.2 kg. Kumpulan sampah-sampah itu terdiri dari sampah kering dengan berat 89.7 kg (16 karung), sampah basah 96 kg (12 karung). Kedua jenis sampah ini kebanyakan dari plastik. Selain itu, sampah basah juga kebanyakan terbuat dari kain seberat 96.5 kg (10 karung).

Para relawan itu mengumpulkan sampah basah yang bersumber dari dalam laut yang diangkat oleh teman-teman divers, sedangkan sampah kering bersumber dari pesisir pantai yang diangkat sejumlah relawan lainnya.

Leader WCD Sulut Efraim Bulele mengharapkan, agar kegiatan itu dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dan dapat terlibat langsung pada tanggal 12 sampai 19 September 2020 untuk ikut Cleanup dan memilah sampah dari rumah,” ujarnya.

Bulele juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang ikut serta dalam pre event WCD Sulut sehingga berhasil dilaksanakan. Para pihak tersebut di antaranya Boboca Dive Club, Mudung Family, Balawista Manado, Balawista Sulut, masyarakat umum dan Pemerintah Kelurahan Malalayang Dua.

“Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Manado Underwater Association telah menyediakan tempat, serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut yang telah mensupport logistik dalam pelaksanaan kegiatan hari ini,” tutur Bulele. Selain itu, kegiatan ini turut dilakukan oleh Manado Fun Dive, Manado Celebes Dive, Manado Dive Club, Rscuba, Cuposea, Manadonesia, Himika Unsrat dan Kw printing. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar