Buka Bimtek PBJ di Desa Tahun 2024, Pj Wali Kota Asripan Nani Ingatkan Hal Ini

Pj Wali Kota Asripan Nani membuka kegiatan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Tahun 2024, di Hotel Gran Puri Manado pada Kamis (6/6/2024).

Kotamobagu, DetikManado.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Dr Drs Hi Asripan Nani MSi membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Desa Tahun 2024, di Hotel Gran Puri Manado pada Kamis (6/6/2024).

Dalam sambutan pembukaannya, Asripan mengingatkan beberapa hal penting terkait PBJ, terlebih khusus yang anggaran atau sumber pembiayaannya berasal dari Dana Desa (Dandes). Bimtek ini diikuti oleh para sangadi dan perangkat desa se-Kota Kotamobagu.

Diketahui bahwa salah satu bentuk pengelolaan dana desa adalah Belanja Desa, di mana salah satunya adalah dengan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) di Desa yang diharapkan dapat memperlancar penyelenggaraan pemerintahan desa dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

PBJ di Desa adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh pemerintah desa yang dilakukan baik melalui swakelola dan/atau penyedia barang/jasa. Sedangkan kegiatan PBJ di Desa diatur oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan Peraturan Kepala LKPP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa Di Desa.

Perka LKPP ini sebagai pedoman untuk penyusunan tata cara pelaksanaan PBJ di Desa yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sedangkan bupati/wali kota menyusun Peraturan Bupati/Wali Kota tentang tata cara PBJ di Desa, dengan berpedoman pada Perka LKPP Nomor 12 Tahun 2019 beserta perubahannya.

Komentar Facebook