Diskusi Relawan TIK Sulut dengan Dirjen Aptika Kemenkominfo RI

  • Whatsapp
Sebagian peserta diskusi foto bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Samuel Pangerapan.

Manado, DetikManado.com – Direktur jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI Samuel Pangerapan, menggelar diskusi santai Literasi Digital di Cafe Whats Up, Kawasan Megamas, Kota Manado, Jumat (21/06/2019) sore.

Diskusi yang dipandu oleh koordinator Relawan Tekonologi dan Informasi (TIK) Sulut Yaulie Rindengan ini, diikuti oleh sejumlah dosen dan mahasiswa serta puluhan penggiat TIK di bumi nyiur melambai.

Bacaan Lainnya

Pangerapan dalam penyampaian awalnya mengatakan pemerintah akan membeli satu satelit khusus internet yang berkecepatan tinggi dan tidak kalah dengan fiber optik guna peningkatan infrastruktur TIK.

“Kita akan memasang 5000 Base Transceiver Station (BTS) di daerah yang belum ada telekomunikasi,” jelas Pangerapan.

Lanjutnya, berdasarkan laporan dari APJII, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapat 171 juta orang atau sekitar 64% penduduk.

“5 tahun kedepan fokus kami untuk peningkatan Sumber Daya Manuasia (SDM). Kita akan menghilangkan gap agar kebutuhan akan SDM dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri,” jelas pria asal Bitung ini.

Sementara itu, Haidy salah satu peserta diskusi dari Kabupupaten Kepulauan Talaud, dalam sesi tanya jawab meminta perhatian Kominfo terhadap koneksi internet di daerah kepulauan khususnya Talaud.

“Kami di Talaud telah membuat pojok literasi digital namun terkendala dengan akses internet yang mahal dan sering mati suri,” tutur Heidy.

Selain Heidy, usulan pengembangan TIK di Sulut juga datang dari akademisi Unsrat Manado Luther Latumakulita yang mengusulkan dukungan teknologi pengenalan ikan di taman laut Bunaken.

“Agar setiap wisatawan selain bisa melihat ikan, juga langsung mengenali jenis ikan yang dilihat,” tuturnya.

Diskusi tersebut turut dihadiri Kadis Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo dan Kadis Kominfo Kota Bitung Frangky Sondakh SE Msi. (dem)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *