Jems Tuuk : Pembagian DAK Harus Sama, Jangan Ada Sekolah Prioritas

Amurang,DetikManado.com – Anggota DPRD Sulut yang juga Sekretaris Komisi IV Bidang Pendidikan, Julius Jems Tuuk menyayangkan masih tidak meratanya pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) disejumlah SMA/SMK di Sulut.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pertemuan MKKS SMA Se-Sulut di SMAN 1 Amurang pada Kamis (10/03/2022)

Menurutnya, ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang alokasi DAK setiap tahun dapat dan ada yang tidak pernah mendapatkan DAK.

“Saya mendapatkan jawaban dari Dikda Sulut bahwa yang berhak memperoleh ditentukan oleh pusat dan ketika kami melakukan kunjungan ke pemerintah pusat, hasil konsultasi didapatkan bukan kementerian yang menentukan, namun itu diusulkan oleh daerah,” kata Tuuk saat menghadiri MKKS SMA.

Tuuk yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyampaikan, ada SMK di Dumoga itu yang dari sepengetahuannya hampir setiap tahun mendapatkan DAK. Tapi ada SMA yang tidak pernah dapat.

“Kenapa ada SMA yang alokasi DAK banyak dan ada SMA yang tidak sama sekali,” sesalnya.

Dia menambahkan, pembangunan pendidikan di Sulut seharusnya seimbang, mana yang layak harus di bangun dan mana yang belum layak dapat bantuan.

“Pembagian DAK seharusnya sama jangan ada sekolah yang di prioritaskan,” tandasnya.(ml)

Komentar Facebook