Jurnalis di Kotamobagu Dibekali Ketrampilan Mengecek Fakta

15 media di Sulut mengirimkan jurnalisnya ikut dalam training ini.

Kotamobagu,DetikManado.com – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Google menggelar pelatihan untuk kalangan jurnalis. Pelatihan dalam rangkaian Google News Initiative Training Network ini selama dua hari, Jumat – Minggu (21-22/06/2019), di Kantor Redaksi SatuBMR.com, Kotamobagu, Sulut.

15 media di Sulut mengirimkan jurnalisnya ikut dalam training yang diampuh dua trainer bersertifikat Google yaitu Ronny Adolf Buol (ZonaUtara.com) dan Supardi Bado (SatuBMR.com).

Bacaan Lainnya

“Training ini bertujuan menangkal berita palsu atau hoax yang beredar di media online. Apalagi, semakin bertambahnya media di Sulut, sehingga para jurnalis perlu dibekali ilmu teknologi dalam mengungkapkan kebenaran di balik berita,” ungkap Supardi.

Diketahui, di era banjir informasi sekarang ini, informasi palsu atau hoax berselewiran di internet dan menjadi musuh bersama. Ironisnya, media masih saja mengambil informasi hoax tadi dijadikan berita tanpa melakukan verifikasi. Lalu masyarakat mempercayainya.”Hal inilah yang kemudian mendorong Google, AJI dan AMSI menggelar berbagai pelatihan,” tandasnya.

Komentar Facebook

Pos terkait