Kaloh Soroti Banyaknya ASN Diberhentikan dari Jabatan

Politisi PDI Perjuangan Dapil Bitung- Minut di DPRD Sulut Fabian Kaloh.

Manado,DetikManado.com – Politisi PDI Perjuangan Dapil Bitung- Minut di DPRD Sulut Fabian Kaloh menyoroti banyaknya ASN eselon 2 dan 3 yang diberhentikan dari jabatannya karena faktor like and dislike kepala daerah.

Kepada Detikmanado.com, Rabu (12/02/2020), mantan birokrat ini mengatakan dalam managemen administrasi kepegawaian tidak boleh ada non job. “Kecuali ada alasan tepat untuk me-nonjob-kan ASN bersangkutan. Tapi kalau karena alasan politis tidak bisa sembarang, kan ada analisa jabatan,” bebernya.

Menurutnya, harusnya BKD Provinsi menaungi BKD Kabupaten Kota dan bikin regulasi di tingkat Provinsi dan dengan regulasi turun langsung ke Kabupaten Kota jika ada permasalahan seperti itu. “Tidak bisa ada kepala daerah yang seenaknya me-nonjob-kan ASN hanya karena alasan ‘Matahari Hanya Ada Satu’ seperti istilah sekarang,” tuturnya.

Kaloh juga mengatakan, karena mereka adalah pejabat karir seharusnya tidak bisa seenaknya seorang kepaladaerah memberhentikan seorang ASN dari jabatannya. “Kepala BKD di Kabupaten Kota sebenarnya tahu itu, hanya saja tidak bisa melawan kalau sudah diperintahkan oleh kepala daerah bersangkutan,” kata Kaloh.

Komentar Facebook