Kekurangan Anggaran, THL Dispar Kota Manado Dirumahkan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelelau mengatakan, jualan utama pariwisata Manado adalah Bunaken.

Manado,DetikManado.com-Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado harus gantung seragam untuk sementara waktu. Pasalnya sejumlah THL terpaksa dirumahkan karena anggaran yang sudah tidak mencukupi untuk membayar upah dari kerja mereka.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan pemberhentian ini terjadi karena anggaran yang sudah tidak tersedia lagi. “THL di Dispar Kota Manado ditata 12 bulan dengan jumlah 23 orang. Namun ada penambahan personil dari Pemerintah Kota ke Dispar menjadi 67 orang,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, semoga pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan ada penambahan dana. “Jika ada penambahan dana, kita bisa akomodir lewat APBD Perubahan untuk pembayaran,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan kontrak dengan THL per bulan bukan pertahun, sistem penganggaran sudah ditata setahun sebelumnya. “Jadi anggraan tahun ini adalah hasil dari perencanaan tahun kemarin. THL di Dispar sudah pernah disampaikan saat mereka masuk bertugas bahwa mereka tidak sampai Desember karena anggraan yang harus dibagi ke banyak personil. Artinya, bilangan pembagi lebih banyak maka jumlah bulan menjadi berkurang,” bebernya.

Mengenai pemberhentian THL di Dispar jika disangkutkan dengan Manado Fiesta, tidak ada hubungannya. “Hal ini juga tidak ada kaitan dengan banyaknya pengeluaran,karena masing-masing penganggaran punya kode rekening yang berbeda. THL punya kode rekening berbeda, tidak bisa kode rekening lain biayanya dipindah ke yang lain,” jelasnya.

Pelealu juga berharap ada dukungan dana lewat APBD Perubahan untuk membantu mengatasi persoalan ini. “Masalah seperti ini berlaku sama di semua dinas, karena saya punya yang tambahan paling banyak jadi saya lebih dulu yang merumahkan THL,” tuturnya sambil menambahkan ini dilakukan sembari menunggu pembahasan APBD Perubahan oleh DPRD Kota Manado.(hs)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *