Ketua DKPP RI: Antisipasi Klaster Pilkada Penyebaran Covid-19 di Sulut

  • Whatsapp
Muhammad didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut Herwyn Malonda.

Manado, DetikManado.com – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Muhammad Alhamid mengingatkan jajaran Penyelenggara Pemilu agar memperhatikan protokol kesehatan. Karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kali ini digelar di tengah pandemic Covid-19.  

“Pilkada saat ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19. Ini tidak sama dengan situasi normal,” ujar Muhammad usai kegiatan Sosialisasi Kelembagaan Bawaslu di Manado, Jumat (6/11/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengingatkan gar standar protokol Covid-19 dalam tahapan Pilkada harus benar-benar dilakukan, ada pengetatan penerapan standar kesehatan secara serius. Sehingga jangan sampai muncul klaster baru penyebaran Covid-19 termasuk di Sulut.  

“Kita tidak mau DKPP menjadi klaster baru lahirnya sejumlah korban Covid-19,” ujarnya didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut Herwyn Malonda.

Malonda mengatakan, untuk kondisi penerapan protokol Covid-19 di Sulut, berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan pihaknya, sebagian besar persoalan muncul di luar ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Artinya protokol Covid-19 yang bermasalah itu di luar kegiatan.

“Bukan di dalam kegiatan, tetapi di seputaran kegiatan itu yang banyak orang. Karena di lokasi kegiatan diterapkan protokol kesehatan,” ujar Herwyn.

Menurutnya, untuk mengantisipasi kondisi seperti itu pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian dan TNI untuk menertibkan keberadaan massa di sekitar lokasi kegiatan. Selain itu Bawaslu Sulut juga berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dan penanganan.

“Setiap 10 hari kita lakukan evaluasi, hasilnya memang dugaan pelanggaran protokol Covid-19 dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di Sulut sudah mulai berkurang,” pungkasnya. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.