Pernyataan AJI Terkait Liputan Peristiwa Papua

Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan.

Jakarta,DetikManado.com – Terkait peristiwa pengepungan organisasi massa, satuan polisi pamong praja Kota Surabaya, polisi dan tentara terhadap asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan No 10, Surabaya, Jawa Timur, 16 Agustus 2019, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengeluarkan sikapnya tentang bagaimana seharusnya jurnalis dan media melakukan liputan.  

Diketahui peristiwa itu berawal dari kabar tentang adanya pengrusakan tiang bendera, infromasi yang dibantah mahasiswa Papua. Selama pengepungan itulah terlontar umpatan bernada rasis, menggunakan nama binatang kepada mahasiswa Papua.

Bacaan Lainnya

Peristiwa itu disusul sejumlah insiden lain di kota Malang dan Surabaya. Puncaknya, Senin (19/08/2019), ratusan orang di Papua dan Papua Barat memblokade sejumlah jalan dengan merobohkan pohon. Salah satunya terjadi di Jalan Yos Sudarso, Manokwari, Papua Barat, 19 Agustus 2019. Massa juga membakar Gedung DPRD di Kota Manokwari. Protes serupa juga terjadi di Jayapura. Massa turun ke jalan dan memblokir jalan utama menuju Bandara Sentani.

Ketua Umum AJI Abdul Manan dan Ketua Bidang Pendidikan, Etik dan Profesi Dandy Koswaraputra mengungkapkan dalam memberitakan peristiwa itu, ada media yang menggunakan istilah yang terkesan memberi stigma negatif. Misalnya, menulis judul berita yang antara lain menyebut soal mahasiswa Papua “keras kepala”, “melakukan aksi anarkis”, “membuat rusuh”, dengan tanpa dukungan data dan informasi yang memadai. “Ada juga yang informasinya tak berimbang, dengan tak meminta pihak yang dituduh berbuat rusuh tersebut menyampaikan versinya,” ungkap Manan.

Saat memberitakan peristiwa di Papua ini, lanjut keduanya, ada media massa yang tak cukup sensitif atas keadaan, yaitu dengan mengangkat dampaknya terhadap etnis tertentu. “Secara tak sengaja, pemilihan sudut pandang seperti ini mengabaikan prinsip jurnalisme damai dalam pemberitaan bernuansa konflik karena bisa memicu dampak susulan,” ujarnya.

Komentar Facebook

Pos terkait