Piala Dunia: Hasil Belanda vs Amerika Serikat, Denzel Dumfries Bawa Belanda ke 8 Besar

Pemain Belanda Denzel Dumfries tampil gemilang membawa timnya mengalahkan Amerika Serikat pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) dini hari, di Qatar. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Pertandingan antara Belanda dan Amerika Serika di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dimainkan di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan pada 3 Desember 2022.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Denzel Dumfries memberikan asist serupa kepada Memphis Depay dan Daley Blind saat Belanda menghantam Amerika Serikat di babak pertama.

Amerika Serikat memperkecil ketertinggalan selepas turun minum melalui Haji Wright, tapi tendangan voli Dumfries meyakinkan kemenangan Belanda.

Belanda menuju perempat final, dan akan bertemu pemenang antara Argentina.

Belanda selamat dari kekhawatiran sementara saat mereka melewati AS untuk membukukan tempat mereka di perempat final.

AS sebenarnya memulai laga dengan lebih baik; Christian Pulisic bisa membuka skor hanya beberapa menit memasuki pertandingan, namun digagalkan oleh Andries Noppert setelah berlari menghalau bola yang melewati pertahanan Belanda.

Tapi Belanda merespons dengan gaya, mencetak salah satu gol paling indah di Qatar 2022 sejauh ini. Keluar dari pertahanan, Oranje menggunakan operan satu-dua sentuhan untuk mengarahkan bola ke Denzel Dumfries di sisi kanan, yang pullbacknya sempurna berhasil disapu Memphis Depay.

Amerika Serikat, mungkin mengharapkan Belanda untuk lebih terbuka dan menyerang, namun semuanya tampak kurang ide saat pertahanan Belanda mampu membuat frustrasi pemain depan AS.

Menunggu jeda pertandingan, dengan hanya beberapa detik tersisa untuk bermain di babak pertama, Dumfries menarik bola kembali ke tempat yang hampir sama persis seperti yang dia lakukan untuk gol pembuka; kali ini Blind yang bersyukur atas kesempatan menembak bola ke sudut tiang jauh.

Setelah babak kedua dimulai, upaya Tim Ream berhasil ditepis pada penampilannya yang ke-50 untuk AS dan, di sisi lain, Matt Turner juga mencegah gol dengan menyelamatkan tembakan Teun Koopmeiners.

Sang penjaga gawang dengan cepat berdiri untuk selesaikan penyelamatan ganda dari sundulan jarak dekat Depay.

Namun, USMNT-lah yang benar-benar menghidupkan kembali permainan ini. Menyusul sepak pojok yang dimenangkan oleh Haji Wright, penyerang itu sendirilah yang mengeksekusi gol yang benar-benar mencengangkan. Memenuhi umpan silang mendatar Pulisic, Wright menjentikkan bola dari tiang dekat, melewati pertahanan dan kiper, dengan bola akhirnya jatuh ke sudut jauh gawang.

Sepertinya AS masih memiliki peluang, tetapi pemain bintang hari itu, Denzel Dumfries, mengarahkan tendangan voli kaki kiri yang indah ke gawang dari umpan silang Blind untuk mematikan kesempatan comeback tim tamu.

 

Momen Kunci – Gol Haji Wright, Apakah Itu Kebetulan?

Salah satu gol terbaik turnamen? Atau salah satu yang paling aneh? Mungkin keduanya.

Gol Haji Wright membawa kehidupan ke dalam permainan ini tepat saat Belanda mulai melemah dengan keunggulan dua gol mereka, tetapi yang membuatnya sangat istimewa adalah betapa anehnya proses gol itu terjadi.

Wright terjatuh saat kaki kanannya menjentikkan umpan silang mendatar ke udara. Waktu tergantung, seperti halnya bola, karena tidak ada yang yakin apa yang sedang terjadi.

Benar saja, apakah disengaja atau tidak, bola jatuh di atas kepala semua orang dan masuk ke gawang, membuat para penggemar Amerika terpesona.

 

Statistik

Memphis Depay melewati rekor Klaas Jan Huntelaar untuk menjadi pencetak gol terbanyak kedua Belanda sepanjang masa. Golnya terjadi pada akhir pergerakan 20 gol, yang merupakan jumlah operan tanpa gangguan tertinggi yang mengarah ke gol Piala Dunia dalam sejarah negara itu. (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs De Ligt 90′); Denzel Dumfries, Marten de Roon (Steven Bergwijn 46′), Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners 46′); Cody Gakpo (Wout Weghorst 90′), Memphis Depay (Xavi Simons 82′).

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)

 

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest (DeAndre Yedlin 76′), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris 90′); Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright 67′), Yunus Musah; Tim Weah (Brenden Aaronson 67′), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna 46′), Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter (Amerika Serikat).

Komentar Facebook