Piala Dunia: Hasil Brasil vs Korea Selatan, Kejutan Taegeuk Warriors Berakhir

Selebrasi para pemain Brasil setelah mengalahkan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha pada Selasa 6 Desember 2022 dini hari. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Pertandingan antara Brasil dan Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia dimainkan di Stadion 974, Doha pada 6 Desember 2022 dini hari.

Brasil meraih kemenangan dan melangkah ke babak perempat final, sementara Korea Selatan harus tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Wakil Amerika Selatan ini akan menghadapi runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia di perempat final, yang dalam laga sebelumnya menyingkirkan Jepang.

Brasil mengejutkan Korea Selatan dengan empat gol dalam 29 menit babak pertama. Neymar yang kembali fit mencetak gol dari titik penalti.

 

Review Pertandingan

Dilansir dari laman resmi FIFA, Brasil menampilkan penampilan yang mempesona untuk menyapu Korea Selatan, dan mengamankan pertandingan perempat final Piala Dunia FIFA 2022 Qatar melawan Kroasia pada hari Jumat.

Kabar baik tidak berhenti di situ untuk sang perwakilan Amerika Selatan. Neymar dapat kembali dari cedera dan penyerang Paris Saint-Germain yang tak ada bandingannya itu merayakannya saat pertandingan baru berjalan 13 menit.

Brasil mendapat hadiah penalti setelah bek Jung Wooyoung dikejutkan oleh kemunculan tiba-tiba Richarlison di bahunya dan mengenai pergelangan kaki penyerang saat mencoba membuang bola.

Neymar melakukan gerakan tipu yang berhasil membuat Kim Seunggyu tidak berdaya.

Dengan posisi dua nol, Vinicius Jr mengontrol bola melintasi kotak penalti, kemudian dengan backlift yang nyaris tak terlihat melepaskan tendangan melewati kiper Kim dan masuk ke pojok atas.

Richarlison mencetak gol ketiga Brasil menyusul permainan yang gemilang. Pemain Tottenham Hotspur itu awalnya melakukan serangkaian sundulan untuk menguasai bola, sebelum mentransfer umpan ke Marquinhos.

Dia mengoper bola melintasi kotak untuk Thiago Silva, yang melihat Richarlison melanjutkan larinya dan melepaskan umpan yang luar biasa untuk rekan setimnya untuk menyelesaikannya dengan nyaman dan mengklaim gol ketiga turnamen.

Akhirnya terjadi empat gol dalam 29 menit ketika Lucas Paqueta tiba di area penalti untuk menyambut umpan silang Vinicius Junior dari garis depan. Bola melewati Kim sebelum dia bisa berkedip.

Kim melakukan penyelamatan bagus atas upaya Richarlison dan Raphinha, dua kali, Alisson pun tidak sepenuhnya menganggur. Jauh dari itu. Alisson terbang ke arah kiri untuk menepis tendangan melengkung Hwang Heechan dan menggunakan bahunya untuk menangkal Son Heungmin setelah turun minum.

Upaya Hwang kembali digagalkan, sekali lagi, ketika Alisson mengayunkan tangan kanannya untuk menghalau ledakan jarak dekat.

Pemain pengganti Paik Seungho akhirnya mengalahkan Alisson dengan sebuah serangan yang luar biasa – tetapi pikiran Brasil sudah beralih ke Jumat malam untuk melawan Kroasia di Stadion Education City.

 

Momen Penting

Berita pesimistis menginfokan bahwa Neymar tidak akan bermain di Piala Dunia yang menggembirakan ini. Cedera pergelangan kaki yang diderita dalam kemenangan pembukaan Brasil atas Serbia akan membuat pelatih Tite kehilangan cahaya utamanya.

Suara-suara dari kamp Brasil terkait kebugaran Neymar tetap positif. Tapi apakah itu harapan atau ekspektasi yang berdasar?

Ketika Neymar dengan gembira merayakan konversi penalti nakal saat pertandingan hanya berjalan 13 menit, jawabannya ditemukan.

Brasil, dengan permainan yang sebagian besar berat sebelah, akan memenangkan ini tanpa Neymar. Tidak diragukan lagi pengaruh pemain berusia 30 tahun itu terhadap rekan satu timnya. Terlebih dengan sejumlah anggota skuad yang lebih muda, termasuk Richarlison, menyebut pemain itu sebagai idola sepak bola mereka.

Kehadiran Neymar membuat Brasil percaya. Ingat bagaimana semua optimisme terkuras, ketika sang poster boy cedera di perempat final di Brasil 2014? Semoga tidak terulang kembali dampak buruknya pada Brasil.

 

Statistik

Neymar adalah pemain Brasil ketiga yang mencetak gol di tiga atau lebih Piala Dunia FIFA setelah Pele (1958, 1962, 1966, 1970) dan Ronaldo (1998, 2002, 2006). (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan Pemain

Brasil: Alisson (Weverton 80′); Danilo (Gleison Bremer 72′), Marquinhos, Thiago Silva, Eder Militao (Dani Alves 63′); Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Neymar (Rodrygo 80′), Vinicius Junior (Gabriel Martinelli 72′); Richarlison.

 

Korea Selatan: Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su (Hong Chul 46′); Hwang In-beom (Paik Seung-ho 65′), Jung Woo-young (Son Jun-ho 46′), Lee Jae-sung (Lee Kang-in 74′); Hwang Hee-chan, Cho Gue-sung (Hwang Ui-jo 80′), Son Heung-min.

Komentar Facebook