Piala Dunia: Hasil Jepang vs Kroasia, Ninja Pulang dengan Kepala Tegak

Kroasia berhasil mengatasi perlawanan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakra, Qatar, pada 5 Desember 2022. (foto:fifa.com)

 

Manado, DetikManado.com – Pasukan Ninja Jepang harus mengkahiri penampilan mereka di Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Kroasia di babak 16 besar.

Dalam pertandingan antara Jepang dan Kroasia yang dimainkan di Stadion Al Janoub, Al Wakra pada 5 Desember 2022 itu, Ninja kalah 1-3 dalam drama adu pinalti. Mereka gagal melangkah ke babak 8 besar Piala Dunia 2022.

Penjaga gawang menyelamatkan tiga tendangan penalti setelah Perisic menyamakan gol Maeda di babak pertama untuk memaksa perpanjangan waktu.

 

Review Pertandingan

Kiper Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan dalam adu penalti saat timnya bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Jepang dan mencapai perempat final Piala Dunia.

Livakovic menggagalkan tiga tendangan penalti, dari Takumi Minamino, Maya Yoshida dan Kaoru Mitoma. Ini memberi timnya keunggulan besar dalam adu penalti setelah kedua tim tidak dapat menang setelah 120 menit.

Mario Pasalic mengonversi tendangannya untuk menjadikan skor 3- 1 yang berarti kemenangan untuk Kroasia.

Jepang, yang mengalahkan Spanyol dan Jerman untuk finis di puncak Grup E, menghasilkan penampilan babak pertama yang mengesankan di Stadion Al Janoub. Mereka memimpin melalui Daizen Maeda setelah tendangan sudut pendek yang bekerja dengan baik.

Tapi pengalaman Kroasia tak patut diremehkan. Skuad Zlatko Dalic telah tertinggal lebih dulu di ketiga pertandingan sistem gugur mereka dalam perjalanan mereka ke final Piala Dunia 2018, dan sekali lagi mereka tidak panik.

Sundulan yang menakjubkan dari Ivan Perisic membuat mereka menyamakan kedudukan dan mereka tampaknya akan menemukan gol kemenangan.

Pada akhirnya mereka tidak membutuhkannya, karena Jepang membeku dalam adu penalti dan Kroasia berdiri tegak, Marcelo Brozovic dan Nikola Vlasic mengonversi penalti mereka sebelum Pasalic memastikan nasib Jepang.

 

Momen Kunci: Penalti Perisic Menyempurnakan Perjuangan

Perisic adalah salah satu anggota tim Kroasia yang masih bertahan yang mencapai final Piala Dunia 2018 dan, seperti di semifinal melawan Inggris ketika timnya juga tertinggal 1-0, pemain sayap veteran itu tampil pada saat negaranya membutuhkan.

Dia menepis kehadiran tiga bek untuk menyambut umpan silang dari Dejan Lovren dari jarak yang cukup jauh dari gawang dan mengarahkan bola ke sudut jauh bawah.

 

Statistik

Kroasia telah memenangkan tiga adu penalti terakhir mereka di Piala Dunia, setelah mengalahkan Denmark di babak 16 besar dan menjamu Rusia di perempat final turnamen 2018. (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan pemain

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junyo Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita (106′ Ao Tanaka), Yuto Nagatamo (64′ Kaoru Mitoma); Ritsu Doan (87′ Takumi Minamino), Daizen Maeda (64′ Takuma Asano), Daichi Kamada (75′ Hiroki Sakai).

Pelatih: Hajime Moriyasu

 

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric (99′ Lovro Majer), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (99′ Nikola Vlasic); Andrej Kramaric (68′ Mario Pasalic), Bruno Petkovic (62′ Ante Budimir, Marko Livaja 106′), Ivan Perisic (106′ Mislav Orsic).

Pelatih: Zlatko Dalic

Komentar Facebook