Program Pengabdian Masyarakat, DEM Sulut Adakan Desa Energi 2021

  • Whatsapp
DEM Sulut kembali menggelar Desa Energi di Desa Sendengan, Minahasa, Sulut, Selasa (6/4/2021). (Foto: Ist)

Tondano, DetikManado.com – Dipercayakan Pertamina Geothermal Energi Area Lahendong, Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sulut kembali menggelar kegiatan Desa Energi, Selasa (6/4/2021), di Desa Sendengan, Kecamatan Tompaso Lama, Minahasa, Sulut.

Ketua Panitia DEM Sulut Jemmy Purwanto mengatakan, kegiatan itu merupakan program pengabdian kepada masyarakat dan pemberdayaan serta edukasi kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Mengenai potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai energi bersih  sebagai solusi energi masa depan,” ujarnya.

Ketua Umum DEM Sulut Erwin Damanik menjelaskan, program tersebut juga untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan sebagai energi bersih.

“Sebagai gerakan nyata dalam implementasi dan pengembangan Energi Baru Terbarukan,  dengan harapan DEM Sulut hadir untuk mewujudkan Sulut berdaulat atas energi,” ungkapnya.

Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan DEM Sulut dengan Pertamina Geothermal Energi di antaranya sosialisasi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Selain itu perancangan panel surya, serta pemasangan unit pembangkit listrik tenaga surya dengan sistem offgrid  dengan kapasitas 4800 Watt/h di Desa Sendengan.

Damanik berharap agar ke depannya Desa Sendengan mampu mengembangkan energi secara mandiri, serta dapat memanfaatkan potensi energi yang ada di desa tersebut. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Sendengan.

“Semoga kegiatan seperti Desa Energi dapat dilaksanakan  serta dikembangkan lagi oleh teman-teman mahasiswa atau organisasi mahasiswa atau kepemudaan lainnya,” ujar Damanik.

Tak hanya itu, ia juga mengharapkan sebagai generasi muda bangsa dapat ambil bagian dalam perkembangan dan kemajuan bangsa di bidang energi, sehingga tidak ada lagi desa maupun kepulauan yang krisis energi listrik.

“Karena kita bisa melihat begitu besar potensi energi yang dimiliki, tetapi saat ini masih kurangnya pemanfaatan. Dengan harapan kedaulatan energi dapat  diwujudkan melalui program Desa  Energi seperti yang dilakukan  DEM Sulut,” tutupnya. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait